Setelah Seabad, Sagrada Familia Dapat Izin Pembangunan

CNN Indonesia | Rabu, 24/10/2018 10:19 WIB
Setelah Seabad, Sagrada Familia Dapat Izin Pembangunan Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah 136 tahun berdiri sebagai "bangunan ilegal", Gereja Sagrada Familia akhirnya memperoleh izin pembangunan sah dari Dewan Kota Barcelona.

Izin tersebut bakal melanjutkan pembangunan Gereja Sagrada Familia yang saat ini telah menghabiskan dana sekitar €36 juta (sekitar Rp623 milyar).

Mengutip CNN Travel pada Selasa (23/10), selain untuk membangun gereja dana tersebut juga akan dialokasikan untuk pembangunan akses transportasi dan keamanan di sekitar gereja, guna memberi kenyamanan sekitar 4,5 juta pengunjung yang diperkirakan datang setiap tahunnya.


"Sagrada Familia merupakan ikon dan monumen paling banyak dikunjungi di Barcelona," tulis Wali Kota Barcelona Ada Colau melalui akun Twitter.

"Setelah dua tahun perundingan, kami akhirnya mencapai kesepakatan untuk pembayaran izin dan pembangunan fasilitas serta layanan penunjang kedatangan pengunjung dan masyarakat sekitar," tambahnya.



Gereja Sagrada Familia--atau yang bernama Spanyol Templo Expiatorio de la Sagrada Familia, adalah bangunan gereja Katolik yang dirancang oleh arsitek kenamaan dari Spanyol Francisco de Paula del Villar sejak 1882.

Pada tahun 1883 Villar mengundurkan diri dari pembangunan gereja ini, lalu arsitek kenamaan yang juga dari Spanyol, Antoni Gaudí, menggantikan posisinya.

Gaya klasik dipadukannya dengan gaya gothic dan art nouveau.

Gaudí tekun membangun gereja ini hingga dirinya wafat di usia 73 pada tahun 1926. Sejak saat itu pembangunan gereja yang sudah 25 persen rampung terbengkalai. Ditambah lagi setelah pecahnya perang sipil di Spanyol.

[Gambas:Instagram]

Pada tahun 1950an, pembangunan kembali dilakukan dengan dana donasi perkumpulan gereja se-Spanyol.

Kembali, pembangunannya tersendat pada tahun 2010 karena masalah perizinan.

Belum lagi dengan pro kontra yang terjadi di masyarakat, karena umat Katolik Spanyol telah memiliki Katedral Barselona, sehingga Gereja Sagrada Familia dianggap sebagai kesia-siaan.

Rencana pemerintah untuk membangun stasiun kereta bawah tanah tepat di bawah lahan Gereja Sagrada Familia juga menyelimuti drama pembangunannya. Pengamat arsitektur menganggap kalau ide tersebut bakal mengancam pondasi bangunan.

Tahun ini pembangunan Gereja Sagrada Familia tepat berusia 136 tahun.

Sejarah Gereja Sagrada Familia membuat bangunan ini masuk dalam daftar Situs Warisan Budaya UNESCO pada tahun 2005.

Diperkirakan gereja setinggi 90 meter, seluas 60 meter dan berkapasitas 9.000 orang ini bisa rampung pada tahun 2026.

(fey/agr)