Waktu Terbaik Menimbang Berat Badan

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 24/10/2018 08:22 WIB
Waktu Terbaik Menimbang Berat Badan ilustrasi (Istockphoto/Urilux)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menimbang berat badan tubuh ternyata menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan. Meskipun terlihat agak mengerikan bagi sebagian perempuan namun menimbang berat badan tetap dilakukan.

Tujuannya untuk mengontrol berat tubuh agar tak terlalu menyimpang dari ukuran biasa tubuh, apalagi setelah liburan panjang.

Berdasarkan National Weight Control Registry, 75 persen orang yang berhasil menurunkan berat badan ternyata menimbang berat badan setidaknya seminggu sekali.



Hanya saja, menimbang berat badan itu juga punya triknya sendiri. Artinya, Anda tak bisa pilih waktu sesuka hati untuk menimbang berat badan. Pasalnya, dalam sehari berat badan bisa berubah-ubah. Jadi, kapan waktu paling tepat menimbang berat badan?

Mengutip Southern Living mengungkapkan bahwa waktu paling tepat untuk menimbang berat badan adalah saat pagi hari setelah buang air besar.

Pagi hari jadi waktu terbaik karena tubuh tak punya berat tambahan dari makanan berat.

"Sepanjang hari, makanan yang Anda makan dan minum akan menambah berat badan, setidaknya sampai mereka tercerna dan tereksresi," kata ahli gizi dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics kepada Self.

"Hanya secangkir air bisa menambah setengah pon. Sebagai contoh, 20 persen makanan adalah air dan ini akan menambah berat tubuh ekstra."


Untuk menyakinkan bahwa tubuh Anda tidak menghitung kopi atau smoothie bowl yang disantap saat makan siang, ahli diet menyarankan untuk menimbang berat badan di pagi hari, setelah pergi ke toilet, sebelum sarapan, dan setelah ke gym.

Pastikan Anda juga melakukan hal ini dengan jadwal yang tepat dan rutin untuk mendapatkan angka yang akurat. (chs)