Jakarta Fashion Week 2019

FOTO: Menenun Harapan Pascabencana Lewat Tenun

Mohammad Safir Makki, CNN Indonesia | Rabu, 24/10/2018 16:56 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Anne Avantie menghadirkan berbagai koleksi tenun di Jakarta Fashion Week 2019 dalam koleksi berjudul Badai Pasti Berlalu.

Anne Avantie menunjukkan bahwa roda kreativitas harus terus berputar meski  diterjang duka. Duka pascabencana yang menimpa Lombok, Palu dan Donggala. Ia  menenun harapan yang mewujud dalam sebuah koleksi 'Badai Pasti Berlalu'. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Perempuan yang akrab disapa Bunda Anne ini pun mempersembahkan 50 look busana tenun, khususnya tenun Lombok. Ia membaginya dalam beberapa sequence. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Motifnya pun beragam, mulai dari garis-garis hingga motif geometris. Siluet-siluet yang ditampilkan cukup beragam. Kain-kain diolah menjadi atasan, outer berupa mantel, serta bawahan. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Anne pun terlihat seperti bereksperimen dengan tenun tersebut. Dia membuat busana unik dengan tenunan yang sengaja dibiarkan 'tak utuh.' Tampilan jadi unik karena mengingatkan orang akan efek 'robekan' pada denim. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Kebaya pun dijodohkan dengan tenun. Kebaya kutu baru berwarna hijau plus bagian garis tengah tubuh berwarna merah, dipadukan dengan bawahan tenun hijau. Tak lupa ia menyematkan kerudung dengan warna senada. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Setelah kebaya klasik, penikmat fashion kemudian dimanjakan dengan kreasi kebaya kontemporer. Salah satu yang cukup mencuri perhatian ialah paduan atasan kebaya dengan banyak memperlihatkan area kulit. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Atasan seolah hanya kain tule transparan dengan sematan bordir serupa sulur. Bawahannya berupa kain panjang sehingga tampilan lebih mirip evening gown nan mewah. Ada pula look kebaya dengan bentuk leher V rendah. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Mendadak muncul Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Ia melangkah dengan penuh percaya diri sambil sesekali tersenyum ke arah hadirin. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Susi melengkapi penampilannya dengan turban biru-hitam, kacamata hitam plus sepatu bot hitam di bawah lutut. (CNNIndonesia/Safir Makki)