Ragam Manfaat Lemak Kakao untuk Kulit

CNN Indonesia | Jumat, 26/10/2018 17:51 WIB
Ragam Manfaat Lemak Kakao untuk Kulit Ilustrasi kakao (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lemak kakao menyimpan banyak manfaat tersembunyi, salah satunya untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Lemak kakao dikenal juga dengan nama lain cacao butter dan theobroma oil. Lemak kakao berbentuk seperti mentega berwarna kuning pucat dengan aroma dan rasa kakao.

Lemak nabati yang bisa dimakan ini terbuat dari ekstrak biji kakao. Lemak ini pula yang digunakan untuk membuat cokelat, obat-obatan, salep, dan perlengkapan mandi.



Kandungan dalam lemak kakao ini terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit, mulai dari penangkal radikal bebas, melembapkan kulit, dan menghilangkan bekas luka.

Cacao butter kaya akan antioksidan yang dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas pada kulit. Radikal bebas diketahui dapat menyebabkan penuaan dini, kulit kusam, dan bercak gelap pada kulit.

Menjaga kulit dari radikal bebas penting agar kulit tetap terlihat segar dan awet muda. Dikutip dari Live About, lemak kakao juga memiliki sifat anti-inflamasi yang melindungi diri dari peradangan. Sifat anti-inflamasi itu membuat kulit terhindar dari kerusakan.

Lemak kakao juga memiliki asam lemak yang tinggi dan dapat menghidrasi kulit secara mendalam. Lemak kakao mengandung asam oleat, pamitat, dan stearat yang menyehatkan kulit.


Ketiga kandungan itu membuat lemak kakao baik digunakan untuk melembapkan kulit dan area bibir. Dengan khasiatnya itu, tak aneh jika banyak produk kosmetik yang menggunakan cacao butter sebagai bahan dasarnya.

Mengutip Healthline, sejumlah studi menunjukkan penggunaan lemak kakao secara teratur dapat menghilangkan bekas luka pascakehamilan. Selain bekas luka, lemak kakao juga dapat menyamarkan kerutan dan keriput pada kulit.

Tak cuma itu. Lemak kakao juga bisa digunakan untuk menyembuhkan ruam akibat eksim dan dermatitis. (ptj/asr)


BACA JUGA