Cara Mereparasi Rambut Rusak Akibat Proses Pewarnaan

CNN Indonesia | Rabu, 31/10/2018 07:25 WIB
Cara Mereparasi Rambut Rusak Akibat Proses Pewarnaan Ilustrasi rambut diwarnai (Diolah dari Thinkstock/yuriyzhuravov)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pewarnaan bisa jadi cara paling tokcer untuk mengatasi rambut yang membosankan. Namun, bukan berarti cara itu tak menimbulkan risiko. Proses pewarnaan bisa sebabkan kerusakan pada rambut.

Apalagi jika proses pewarnaan dilakukan secara terus menerus, semua tanda kerusakan akan ada di sana. Mulai dari rambut bercabang, rambut patah, kusam, serta rapuh.

Christian Wood, penata rambut sederet selebriti papan atas seperti Sophie Turner, memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk 'mereparasi' rambut rusak yang Anda alami. Berikut tipsnya melansir Elle.



1. Perawatan rambut rutin
Aktivitas padat kerap membuat orang-orang zaman kiwari melupakan kesehatannya, termasuk rambut.

Wood mengatakan bahwa kesalahan terbesar yang banyak dilakukan oleh banyak orang adalah tidak melakukan perawatan rambut secara teratur, khususnya di malam hari.

"Lakukan perawatan rambut di malam hari, seperti menerapkan oil reflections pada rambut," ujar Wood. Penerapan minyak rambut yang satu itu akan membantu pertumbuhan rambut serta menangkal kerontokan.

2. Tidur dengan sarung bantal sutra
Untuk bisa tidur dengan nyenyak, Anda perlu merasa nyaman. Tak ada salahnya sesekali membuat kasur Anda nyaman dengan balutan kain sutra. Pasalnya, kain sutra bakal membantu rambut terhindar dari kerusakan.


Gesekan rambut pada bantal di malam hari menyebabkan ujung rambut bercabang dan sederet kerusakan lainnya.

Untuk menangkal hal tersebut, Wood menyarankan agar Anda tidur menggunakan sarung bantal kain sutra. "Sarung bantal sutra bisa menghemat biaya perawatan rambut Anda," katanya.

3. Beristirahat dari proses pemanasan pada rambut
Faktanya, alat catok memang membuat rambut terlihat rapi dengan cara yang praktis. Namun, terlalu sering menggunakan alat catok justru bisa berujung kerusakan.

Salah satu trik lain yang diberikan Wood adalah beristirahat dari proses penataan yang membutuhkan pemanasan rambut. Dengan begitu, Anda memerlukan gaya alternatif lainnya yang perlu dilakukan sekali dalam sepekan.

4. Masker di rumah
Daripada membuang akhir pekan dengan hanya berleha-leha, lebih baik mencoba perawatan rambut sendiri di rumah. Tak ada salahnya untuk melakukan hairmask sendiri di rumah. Cara itu justru bisa menangkal kerusakan pada rambut.

Wood menyarankan agar Anda melakukan hairmask selama sekali dalam sepekan.

5. Vitamin rambut
Meski terlihat sepele, tapi vitamin rambut tak bisa dilupakan begitu saja. "Saya pikir semua orang harus menggunakan vitamin rambut," kata Wood. Pasalnya, lanjut dia, vitamin sangat pas untuk membuat rambut halus.

"Sangat mudah untuk menggunakannya sekali dalam sehari. Pastikan saja Anda menggunakan vitamin berkualitas," ujar Wood. (asr/chs)