Syarat Khusus Lintasi Jembatan Laut Terpanjang di Dunia

CNN Indonesia | Selasa, 30/10/2018 15:18 WIB
Syarat Khusus Lintasi Jembatan Laut Terpanjang di Dunia Jembatan laut terpanjang di dunia bisa dilewati dengan izin khusus. (REUTERS/Bobby Yip)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pekan kemarin jembatan penghubung antara Chek Lap Kok, Hong Kong dengan Zhuhai dan Makau, China resmi beroperasi untuk umum.

Membentang sejauh 55 kilometer di atas Sungai Mutiara, jembatan ini merupakan jembatan laut terpanjang di dunia.

Meski sudah dibuka untuk umum, jembatan ini tidak dapat diseberangi mobil pribadi tanpa izin khusus.


Mengutip Lonely Planet pada Jumat (26/10), jika ingin berwisata menyusuri kokohnya jembatan pengunjung harus menumpang bus antar-jemput dari Pelabuhan Hong Kong atau mobil sewaan yang tersedia di kantor imigrasi.

Pelabuhan Hong Kong dapat dicapai dari bandara dengan layanan bus A11, A21, A22, A29, A31, A33X, A35, A36, A31, A33X, A35, A36 dan A41.

Setelah sampai di pelabuhan, pengunjung dapat menggunakan layanan bus dengan keberangkatan setiap lima sampai 15 menit sekali.

Sekali perjalanan dapat dibanderol dengan HK$65 (sekitar Rp126 ribu) per orang pada siang hari dan HK$70 (sekitar Rp136 ribu) per orang pada malam hari.

Bagi pengunjung yang ingin singgah ke Shuhai lebih dari 24 jam, permohonan visa harus terlebih dahulu diajukan di negara asal atau melalui layanan visa di Hong Kong.

Sesampainya di perbatasan Macau dan Hong Kong, pemeriksaan visa dan cap paspor akan dilakukan.

Visa yang dapat diperoleh di perbatasan ini hanya memiliki batas hingga 24 jam.

[Gambas:Video CNN]

(fey/ard)