Tips Merawat dan Mencuci Bra Agar Tahan Lama

CNN Indonesia | Senin, 05/11/2018 09:03 WIB
Tips Merawat dan Mencuci Bra Agar Tahan Lama ilustrasi pakaian dalam (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemakaian bra sering kali dianggap remeh karena dianggap hanya pakaian dalam biasa dan tak terlihat. Padahal, bra yang bersih dan terawat dapat menunjang penampilan dan aktivitas serta menjaga kesehatan payudara.

Dalam merawat bra, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Spesialis bra dari label lingerie ternama Victoria's Secret, Cindy Pervola menyarankan untuk selalu mencuci bra dengan tangan. 

"Usahakan cuci dengan tangan agar awet. Jangan gunakan pengering. Biarkan kering dengan angin saja," kata Pervola saat pembukaan gerai ritel Victoria's Secret di Grand Indonesia, Jakarta, pada Rabu (31/10). 



Alih-alih mencuci dengan mesin, membasuh bra dengan tangan dapat menghindari pengucekan yang terlalu keras pada bagian busa. Hal ini juga untuk mencegah tali beha jadi mudah melar.

Menurut Pervola, biasanya tali bra itu bakal bertahan selama satu tahun. Setelah itu, sebaiknya bra diganti dengan yang baru.

"Bra dengan penggunaan harian akan bertahan sekitar setahun. Lalu biasanya kain elastis di bra akan mulai longgar dan daya dukungnya kurang maksimal," ucap Pervola yang merupakan perwakilan dari Victoria's Secret Amerika Serikat.

Sedangkan untuk bra yang tidak dipakai harian atau hanya pada acara tertentu saja, Pervola menyebut dapat bertahan hingga dua tahun.


Pervola juga menyarankan setiap wanita untuk rutin melakukan pengukuran bra setiap enam bulan atau satu tahun sekali. Pasalnya, setiap kenaikan atau penurunan berat badan juga bisa berdampak pada perubahan ukuran payudara.

Saat mengukur itu, bisa dipastikan kembali bagian-bagian dari bra, apakah masih mendukung atau tidak. Pervola merinci bagian yang mesti diperhatikan itu adalah tali beha yang ketat, elastisitas kain yang mengaitkan bra di bagian belakang, cup bra, pengait bra, dan kawat jika ada.

(ptj/chs)