Festival Wisata Danau Toba Hadir di CFD Jakarta

kemenpar, CNN Indonesia | Jumat, 02/11/2018 19:50 WIB
Festival Wisata Danau Toba Hadir di CFD Jakarta Festival Danau Toba di Car Free Day akan menghadirkan keindahan alam dan budaya Danau Toba ke masyarakat Jakarta. (Antara/Irfan Anshori)
Jakarta, CNN Indonesia -- Festival Danau Toba akan hadir di  Car Free Day (CFD) pada Minggu (4/11). Promo untuk mendorong wisata danau terbesar di Indonesia ini tepatnya akan berlokasi di Park and Ride Thamrin 10, Menteng, Jakarta.

Menurut Staf Khusus Menteri Bidang Komunikasi dan Media Kemenpar Don Kardono, acara ini merupakan rangkaian kegiatan untuk mempromosikan 10 Bali Baru atau 10 Destinasi Prioritas.

"Pokoknya wajib ke Car Free Day (CFD) Jakarta, terlebih untuk kaum milenial. Karena beragam keseruan Danau Toba bakal diboyong Kemenpar di CFD minggu ini dari jam 7 pagi sampai selesai," kata Don Kardono dalam keterangan tertulis, Jumat (2/11).



Menurutnya, event ini menjadi tempat yang pas untuk para pencinta fotografi. Pasalnya, nanti akan ada pagelaran seni yang heboh dengan kostumnya yang keren dan bagus untuk masuk frame foto. Event ini juga, menurutnya, sangat instagramable dengan adanya warna-warni yang menarik.

"Apalagi kostum Tari Embas Tandok. Kostumnya wow banget buat foto-foto. Nanti juga ada flash mob Tari Tor Tor, Tari Marpangir, Lompat Batu, sampai Tari Baluse atau Tari Perang," lanjut Don.

Ia mengungkapkan Festival Wisata Danau Toba di CFD Jakarta memang wajib untuk disambangi, terutama bagi yang ingin menggali kekayaan destinasi Danau Toba. Acara berkonsep show case berupa street festival ini pun bisa membawa para pengunjung CFD ke dalam nuansa Sumatera Utara dan Danau Toba.

Sementara itu, Angota Tim Percepatan Pembangunan Destinasi Pariwisata Prioritas Larasati Sedyaningsih mengungkapkan agenda pengisi event ini terdiri dari festival kuliner, festival seni dan budaya, mini travel fair, dan interactive games. Festival kuliner akan menampilkan food truck dan diselenggarakan bersamaan dengan aktivitas.

"Jadi setelah lari pagi di CFD bisa mampir langsung ke festival ini. Mau cari sarapan pilihannya banyak, mau seru-seruan ikut lomba atau melihat pertunjukan seni budaya juga ada," ungkap Larasati.


Menariknya, festival ini juga menyajikan program mini pameran travel dengan beragam paket wisata terbaik. Harganya sangat bersahabat dan tersedia paket wisata untuk perorangan atau grup.

"Jadi ini sekaligus menjadi saat yang tepat untuk mencari paket terbaik wisata Danau Toba. Karena ini merupakan event yang digagas Kemenpar, sudah pasti harga yang ditawarkan pun sangat bersaing," terang Larasati.

Danau Toba adalah aset pariwisata nasional dengan citra yang mendunia. Danau Toba adalah salah satu danau vulkanik terluas di dunia dengan panjang mencapai 100 km dan lebar 30 km. Danau Toba terbentuk akibat letusan sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu, bahkan tercatat dalam sejarah geologi dunia sebagai letusan super volcano.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan Danau Toba merupakan salah satu menu wajib untuk terus dipromosikan, baik di luar maupun di dalam negeri. 

Arief juga mengatakan aksesibilitas Danau Toba luar biasa, terlebih dengan adanya Bandara Internasional Silangit. Saat ini juga telah ada enam penerbangan dari Jakarta dan dua penerbangan dari Malaysia. Amenitasnya pun banyak dan beragam sehingga wisatawan dapat menemukan penginapan-penginapan terbaik di kawasan tersebut, mulai dari hotel berbintang hingga homestay.

"Kawasan Danau Toba ini luar biasa eksotisnya. Atraksi, aksesibilitas, dan amenitasnya bagus serta didukung dengan amenitas yang lengkap. Maka ini perlu didorong terus untuk dipromosikan, salah satunya melalui Festival Wisata Danau Toba di CFD ini," ujarArief. (mle/egp)