Menyibak Perjalanan Kereta dari London menuju Amsterdam

CNN Indonesia | Sabtu, 03/11/2018 03:58 WIB
Menyibak Perjalanan Kereta dari London menuju Amsterdam Ilustrasi. (Foto: Oli SCARFF / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jalur kereta Eurostar dari London langsung ke Amsterdam dibuka untuk umum di bulan April tahun ini.

Jika sebelumnya perjalanan London ke Amsterdam hanya bisa ditelusuri dengan perjalanan udara, jalur baru Eurostar membuat banyak orang beralih ke perjalanan darat.

Pihak perusahaan mengaku telah menyelamatkan setidaknya tujuh ribu ton CO2 berkat banyak penumpang yang beralih dari pesawat ke perjalanan darat.



Hingga kini, kereta rute London-Amsterdam beroperasi dua kali sehari di hari kerja dan sekali sehari di akhir pekan.

Namun melihat permintaan penumpang yang cukup tinggi, Eurostar dikabarkan akan menambah satu kereta dengan rute tersebut yang akan beroperasi pada Juni 2019.

Setelah kereta baru mulai beroperasi, jadwal kereta di hari kerja akan berangkat dari London pada pukul 07.16, 11.04 dan 17.16 waktu setempat.

Mengutip Lonely Planet, sejak pertama kali dibuka kereta London-Amsterdam sudah membawa lebih dari 130 ribu penumpang. Pada tahun-tahun selanjutnya, angka tersebut diharapkan terus meningkat seiring dengan penambahan kereta.


Meskipun alur perjalanan dari London ke Amsterdam sudah semakin praktis, namun hal ini tidak berlaku bagi perjalanan sebaliknya.

Saat ini, kereta rute Amsterdam-London masih terganggu dengan kendala pemeriksaan paspor yang belum bisa dilakukan di Amsterdam.

Namun ke depannya, kendala tersebut diharapkan akan segera ditanggulangi di akhir tahun dengan persetujuan pemeriksaan paspor langsung di Amsterdam oleh pemerintah Belanda.

(fey/agr)