7 Makanan Asli Boyolali yang Menggoyang Lidah

CNN Indonesia | Minggu, 04/11/2018 21:51 WIB
7 Makanan Asli Boyolali yang Menggoyang Lidah ilustrasi susu segar (Couleur/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kota Boyolali belakangan jadi populer dan bahan pembicaraan di dunia maya. Kota ini jadi pembicaran karena ucapan dari pidato calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto.

Namun sudahkah Anda berkunjung ke salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini? Kabupaten yang terletak sekitar sekitar 25 kilometer sebelah barat Kota Surakarta ini memiliki beragam objek wisata yang indah, walaupun tak ada taman bermain Disneyland - yang dulu sempat jadi kabar hoax- berdiri di sana.

Tak cuma punya obyek wisata yang indah, Boyolali juga punya banyak makanan khas menggoda selera. Berkunjung ke Boyolali, berarti Anda juga harus berwisata kuliner dengan makanan lezatnya.



Makanan apa saja yang bisa dinikmati di sana?

1. Soto Seger Boyolali
Boyolali juga punya soto yang nikmat. Soto Boyolali ini merupakan jenis soto bening dengan kuah kaldu yang nikmat.

Kuah kaldu ini dibuat dari rebusan daging ayam kampung ataupun daging sapi. Di dalamnya soto ini diberi isian bihun, toge panjang, daging ayam suwir, dan seledri.

Warna kuning dari soto ini juga tak terlalu 'tebal' seperti jenis-jenis soto lainnya. Sekilas soto ini mirip seperti soto kudus.

2. Jenang pecel
Pecel dengan sayur dan siraman bumbu kacang ternyata tak cuma cocok untuk disantap dengan nasi atau lontong. Pecel ternyata juga nikmat disantap dengan tambahan bubur sumsum yang unik.

Kombinasi rasanya yang unik diperkaya dengan tambahan tekstur lembut dari bubur sumsum dan renyahnya aneka sayuran.


3. Tahu susu Boyolali
Bukan cuma Bandung yang punya tahu susu. Sebagai kabupaten dengan peternakan sapi perah yang besar. Susu ini diolah menjadi salah satu bentuk produk olahan susu yang populer dari Boyolali.

4. Sego tumpang
Olahan nasi juga populer sebagai hidangan khas dari Boyolali, yaitu sego tumpang. Sego tumpang ini merupakan olahan nasi dengan tambahan tumpang atau tempe bosok.

Olahan tumpang ini dibuat dari tempe bosok yang diberi tambahan bumbu kencur, bawang, daun salam, lengkuas, dan cabai.

5. Dodol susu
Selain tahu susu, olahan susu lain dari hasil sapi ternak ini adalah dodol susu. Karena rasanya yang manis dan kenyal, dodol susu juga menjadi oleh-oleh khas dari Boyolali.


6. Susu segar
Boyolali punya julukan sebagai kota susu karena peternakan sapi perah. Cara paling enak untuk menikmati olahannya adalah dengan menyicip susu segar yang hangat.

7. Keju susu Boyolali
Mengutip berbagai sumber, Boyolali memiliki pabrik pembuat keju pertama di Jawa Tengah. Keju susu Boyolali awalnya tercipta karena 'panenan' susu yang belum dimanfaatkan dengan maksimal.

Rasa Keju Susu Indrakila di Boyolali ini diklaim tak berbeda dengan keju-keju buatan luar negeri. (chs)