Wisata ke Museum Membantu Tubuh Lebih Sehat

CNN Indonesia | Selasa, 06/11/2018 17:20 WIB
Wisata ke Museum Membantu Tubuh Lebih Sehat Suasana ruang pamer British Museum di London, Inggris. (CNN Indonesia/Ardita Mustafa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selain edukatif dan ramah di kantong, ternyata museum juga berperan dalam proses penyembuhan penyakit-penyakit tertentu, mulai dari diabetes sampai depresi.

Nathalia Bondil selaku Direktur Montreal Museum of Fine Arts di Kanada memaparkan bahwa menyaksikan benda seni atau mendatangi kegiatan budaya menjadi aktivitas fisik yang meningkatkan kesehatan di abad ke-20, seperti yang dikutip dari The Points Guy pada Selasa (6/11).

Berkaca pada kesadaran tersebut, Montreal Museum of Fine Arts menciptakan inovasi The Art Hive.


The Art Hive adalah wadah yang difokuskan untuk menyatukan terapi kesehatan dan seni dalam satu ruang.

Berada di studio khusus, di dalam ruangan ini pakar seni dan dokter membuka sesi konsultasi bagi pengunjung.

Dan tak cuma itu, Montreal Museum of Fine Arts juga bekerja sama dengan kelompok dokter Kanada, Médecins Francophones du Canada, untuk mendorong dokter meresepkan kegiatan seni kepada pasiennya.

Diharapkan, pengunjung yang sedang mengalami masalah kesehatan mental atau fisik dapat merasa bahagia setelah keluar dari museum, karena perasaan bahagia bisa menyembuhkan segala masalah hidup.

"Semakin banyak bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa terapi seni dapat mendukung kesehatan fisik seseorang," ungkap Dr. Hélène Boyer selaku Wakil Presiden Médecins Francophones du Canada.

[Gambas:Instagram]

"Seni dapat meningkatkan kadar kortisol dan serotonin seseorang. Dan hormon tersebut berperan penting dalam kesehatan tubuh dan mental seseorang, baik bagi mental atau fisik," tambahnya.

Montreal Museum of Fine Arts berlokasi di Quebec, tepatnya di antara Golden Square Mile dan Sherbrooke Street.

Museum yang dibuka sejak tahun 1860 ini masuk dalam daftar sebagai satu dari sekian banyak museum yang penting untuk dikunjungi di Kanada.

Bangunan museumnya terdiri dari lima paviliun dengan total luas 53 ribu meter persegi, sehingga menjadikan museum ini sebagai yang terbesar ke-lima se-Amerika Utara.

Ada sebanyak 44 ribu karya seni yang dipajang di sini.

Montreal Museum of Fine Arts buka setiap hari kecuali Senin, setiap jam 10 pagi sampai 5 sore.

(fey/ard)