Cara Atasi Rasa Takut Terbang

CNN Indonesia | Rabu, 07/11/2018 14:17 WIB
Cara Atasi Rasa Takut Terbang Ilustrasi. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tidak semua orang memiliki keberanian ketika berhadapan dengan situasi menjauhkan diri dari bumi, berada dalam pesawat adalah salah satunya. Bagi sebagian orang, terutama yang memiliki rasa cemas berlebihan akan penerbangan alias aerophobia, penerbangan adalah sebuah mimpi buruk.

Mengutip Independent, berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa takut ketika berada di dalam pesawat:

1. Pahami tubulensi


Satu hal yang kerap membuat penumpang panik adalah turbulensi. Sederhananya, turbulensi adalah perubahan kecepatan aliran udara yang menyebabkan goncangan pada tubuh pesawat.

Hal ini merupakan sesuatu yang wajar terjadi salam sebuah penerbangan, bahkan pesawat memang sudah didesain untuk turbulensi. Selama sabuk pengaman terikat erat, maka penumpang akan aman.

2. Kendalikan pikiran-pikiran negatif

Penyebab kepanikan dan ketakutan terbesar adalah pikiran-pikiran yang negatif. Solusinya hanyalah mengendalikan hal-hal negatif yang bisa membuat ketakutan membuncah, bahkan menguasai diri.

Hindari membaca, menonton atau mendengarkan hal-hal yang bertema negatif. Sebaliknya, hibur diri dengan bacaan atau tontonan yang kocak.

3. Percayalah kepada pilot

Memang tidak mudah mengatasi rasa takut yang berlebih hanya dengan mengalihkannya kepada satu orang, namun mempercayakan penerbangan kepada pilot adalah satu-satunya jawaban yang logis.

Karena untuk bisa menerbangkan pesawat, seorang pilot pasti sudah pernah menempuh beribu-ribu jam terbang.

4. Bicaralah dengan awak kabin

Cara mengalihkan rasa panik berlebih adalah berbincang, dan salah satu orang yang tepat untuk berbincang dalam pesawat adalah awak kabin.

Tugas mereka adalah memenuhi segala kebutuhan penumpang, termasuk jika ada penumpang yang memiliki rasa takut dalam penerbangan.

5. Mulailah dengan rute penerbangan yang pendek

Jika ingin mengatasi rasa takut dalam penerbangan, langkah realistis yang harus dilakukan adalah melakukan penerbangan.

Namun hal yang patut diingat adalah mulailah dengan rute penerbangan yang pendek, jika sudah merasa berani maka rute yang panjang pun bisa dicoba.

(agr)