6 Rekomendasi Makanan buat si Kurus

CNN Indonesia | Rabu, 07/11/2018 19:32 WIB
6 Rekomendasi Makanan buat si Kurus Ilustrasi kacang, salah satu makanan yang baik untuk orang bertubuh kurus. (iStock/salez)
Jakarta, CNN Indonesia -- Impian tubuh kurus kerap jadi fokus mereka yang memiliki tubuh subur. Diet ketat, olahraga hingga menjalankan program penurunan berat badan dilakoni demi tubuh ideal. Namun, bagi mereka yang bertubuh kurus, memiliki tubuh berisi justru impian.

Tapi, bukan berarti keinginan memiliki tubuh subur itu kemudian membuat orang jadi 'lupa daratan'. Sembarangan makan justru berisiko menimbulkan gangguan kesehatan.

Berikut rekomendasi makanan yang aman dikonsumsi jika si kurus ingin menaikkan berat badan.


1. Kentang

Kentang merupakan salah satu sumber kalori yang baik untuk tubuh. Tak hanya kentang, sumber-sumber pangan lain yang mengandung pati seperti oat dan pasta juga baik dikonsumsi untuk memberikan asupan kalori ke tubuh. Kentang mampu membantu tubuh lebih berisi sekaligus meningkatkan penyimpanan glikogen pada otot.


Glikogen adalah sumber bahan bakar dominan tubuh untuk melakukan aktivitas dan berolahraga. Selain itu, sumber-sumber pangan berikut juga mengandung serat dan nutrisi penting lain untuk menjaga performa bakteri usus.

2. Nasi

Bagi mereka yang sedang menjalani diet ketogenik, nasi seolah musuh. Namun, bagi si kurus, sebaiknya mereka berteman baik dengan salah satu sumber karbohidrat ini.

Nasi dapat membantu menaikkan berat badan. Sebab, hanya dalam satu cangkir nasi atau setara dengan 165 gram, tubuh akan terasupi oleh 190 kalori, 43 gram karbohidrat, dan sangat sedikit lemak.

Bagi orang Indonesia, nasi jadi makanan pokok. Nasi dapat dinikmati dengan sumber protein dan lemak sehat lain sebagai lauk.

3. Susu

Susu menawarkan tiga nutrisi penting untuk menaikkan berat badan seperti lemak, karbohidrat, dan protein. Terlebih, ia juga jadi sumber vitamin dan mineral, termasuk kalsium, untuk pembentukan tulang.


Protein mempunyai peran besar untuk membentuk massa otot. Sebuah studi menemukan bahwa setelah berolahraga, minum susu membantu tubuh untuk membentuk otot lebih efektif daripada konsumsi produk berbasis kedelai.

4. Kacang

Selain sehat sebagai kudapan, kacang pun jadi salah satu cara sehat untuk menaikkan berat badan. Ini pun berlaku untuk selai kacang.

Segenggam kacang mengandung 7 gram protein dan 18 gram lemak sehat.

5. Alpukat

Ingin konsumsi lemak sehat? Jawabannya ada pada alpukat. Buah berwarna hijau ini mengandung asam lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh, terutama buat mereka yang ingin menaikkan berat badan.

Satu buah alpukat besar mengandung sekitar 322 kalori, 29 gram lemak, dan 17 gram serat.


Menambahkan alpukat sebagai menu diet harian dapat memberikan tubuh asupan nutrisi lain seperti vitamin dan mineral.

6. Daging merah

Konsumsi daging merah terbukti dapat menaikkan massa otot. Menu daging steak mengandung leucine dan creatin, dua nutrisi yang memainkan nutrisi penting untuk meningkatkan massa otot.

Mereka yang terbatas dalam mengonsumsi daging merah, disarankan untuk makan bagian daging dengan lapisan lemak tipis. (els/asr)