6 Tips Enak Makan Sushi yang Paling Sehat

CNN Indonesia | Kamis, 08/11/2018 12:31 WIB
6 Tips Enak Makan Sushi yang Paling Sehat ilustrasi sushi (FoodiesFeed)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sushi sudah diketahui menjadi makanan sehat. Kandungan bahan-bahan sehat dan segar menjadi salah satu alasan mengapa sushi termasuk makanan sehat.

Hanya saja dalam perkembangannya, sushi mengalami banyak modifikasi dan juga penyesuaian dengan lidah masing-masing negara, termasuk Indonesia.

Ada beberapa jenis sushi yang pada akhirnya membuat makanan khas Jepang ini tak lagi terlalu sehat. Kandungan minyak yang tinggi, lemak, dan lainnya membuat orang akhirnya salah pilih dan makanan ini jadi tak sehat lagi.



Berikut cara pilih sushi gulung agar tetap sehat, berdasarkan saran dari ahli gizi.

1. Pilih salmon dan tuna
Carol Ann Rinzler, penulis Nutrition for Dummies, mengungkapkan bahwa sushi adalah definisi dari makanan rendah lemak misalnya tiram segar dan kerang. Namun jika Anda tak menyantapnya dengan tepat maka ini sama sekali tidak rendah lemak

"Untuk memaksimalkan manfaat sushi, pilihlah sushi yang kaya akan omega-3, lemak tak jenuh akan melindungi jantung dan meningkatkan kekuatan otak," kata Rinzler dikutip dari Shape.

Dia menyarankan salmon dan tuna sebagai sushi paling sehat untuk dipesan. Keduanya merupakan sushi rendah kalori yaitu 40 kalori untuk per ons salmon dan 42 ons untuk tuna. Selain itu, keduanya juga mengandung protein tinggi dan omega-3 serta vitamin D.

2. Pertimbangkan wasabi
"Wasabi mengandung antioksidan seperti isothiocyanates. Rasanya yang tajam dan berbau ini menandakan adanya kandungan antikanker yang bermanfaat."

3. Tinggalkan gorengan
Untuk menambahkan tekstur pada sushi yang lembut, remahan gorengan diitaburkan di atas sushi.

Margaux J. Rathbun, seorang ahli nutrisi terapi menyarankan untuk menjauhi crunchy roll yang sudah digoreng sampai berwarna keemasan.

"Semakin sederhana sushi rollnya, maka semakin baik."


4. Pilih sayuran
Menambahkan pilihan sushi sayuran dalam sepiring hidangan Jepang juga merupakan pilihan tepat.

"Banyak restoran sushi menambahkan menu vegetarian ke dalam menunya, misalnya dengan mentimun segar, alpukat, dan rumput laut," kata Rathbun.

5. Makan jahe merah
Selain wasabi, jahe merah selalu disediakan di piring sushi. Ini bukan hiasan atau pemanis.

"Jahe merah akan membantu meningkatkan sistem imun dan menjadi antimikroba dan antivirus yang efektif."

6. Kurangi celupan kecap asin
Tak lengkap memang kalau makan sushi tak pakai saus celupan kecap asin. Katie Clark, ahli diet di San Diego mengungkapkan bahwa Anda harus mengurangi celupan kecap asin di atas sushi untuk mengurangi kadar garam di dalam tubuh. (chs)