Sebuah Pulau di Jepang 'Menghilang'

CNN Indonesia | Kamis, 08/11/2018 13:18 WIB
Sebuah Pulau di Jepang 'Menghilang' Ilustrasi (Foto: Amelia Samulo via Wikimedia Commons (CC-BY-SA-3.0))
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah pulau kecil di perairan utara Jepang dikabarkan 'menghilang' terhempas gelombang laut.

Pulau tersebut bernama Esanbehana Kita Kojima, yang berlokasi 499 meter di pantai utara Hokkaido.

Esanbehana Kita Kojima adalah salah satu dari 158 pulau tak berpenghuni, yang baru diakui keberadaannya pada 2014 oleh pemerintah Jepang.


Mengutip Travel and Leisure, menghilangnya pulau kecil tersebut dilaporkan oleh penduduk setempat. Kemudian penjaga pantai pun menyelidiki kebenarannya.


Menurut survei yang dilakukan pada 1987, Esanbehana Kita Kojima memang hanya berada 14 meter di atas permukaan laut.

Melihat fakta tersebut, para penjaga pantai pun berteori jika pulau tersebut menghilang karena 'tersapu' es yang meleleh akibat pemanasan global.

Menghilangnya Esanbehana Kita Kojima diperkirakan akan memberi dampak bagi mengecilnya wilayah maritim Jepang

Konferensi U.N. 1982 Hukum Laut mendefinisikan zona ekonomi eksklusif negara (ZEE) di laut sebagai perpanjangan hingga 321 kilometer dari garis pantai.

Namun, dengan menghilangnya pulau Esanbehana, hukum internasional tersebut tidak dapat diterapkan.


Tak hanya faktor pemanasan global yang menyebabkan Jepang kehilangan aset pariwisatanya, pada awal September kawasan barat negeri sakura ini pun sempat dihantam badai.

Badai itu diikuti oleh gempa di utara Hokkaido, yang menewaskan lebih dari 40 orang dan menutup sementara Bandara New Chitose, gerbang utama ke pulau itu.

Namun Jepang tetap dikenal sebagai negara yang menawarkan beragam pengalaman, baik itu sejarah, modernitas, atau penikmat alam.

Berbagai daerah di Jepang mempunyai ciri khasnya sendiri yang tidak bisa dijumpai di negara lain, dan sialnya kerap membuat banyak orang jatuh hati.

(fey/agr)