6 Manfaat Rahasia Buah Nangka

CNN Indonesia | Jumat, 09/11/2018 06:44 WIB
6 Manfaat Rahasia Buah Nangka Ilustrasi nangka (Istockphoto/nipapornnan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Buah nangka bisa dikonsumsi langsung atau diolah terlebih dahulu. Keduanya tetap terasa enak dan bermanfaat untuk kesehatan.

Layaknya pisang, nangka pun bisa dijadikan kudapan dengan digoreng bersama adonan tepung terlebih dahulu. Atau, nangka mentah yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan masakan, termasuk gudeg khas Yogyakarta.

Di balik rasa manisnya, nangka menyimpan aneka manfaat untuk kesehatan. Beragam manfaat berikut membuat Anda tak perlu mencari-cari alasan untuk tidak menambahkan nangka dalam diet harian.


1. Sehat untuk jantung

Kandungan potasium yang tinggi dalam buah nangka mampu memastikan keseimbangan sodium atau elektrolit yang berfungsi mengatur kadar air dalam tubuh. Jika kadar sodium terganggu, maka akan timbul kerusakan pada arteri dan jantung.


Selain itu, potasium juga mengkoordinir fungsi otot, termasuk otot jantung, yang membuat jantung dapat berfungsi normal.

2. Meningkatkan sistem imun

Nangka juga mengandung vitamin C dalam jumlah cukup tinggi. Dalam satu cangkir atau 165 gram nangka, 18 persen di antaranya merupakan vitamin C. Perpaduan dengan antioksidan membuat keduanya ampuh untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Sistem imun yang kuat memungkinkan tubuh melawan infeksi.

3. Kontrol gula darah

Nangka merupakan salah satu bahan pangan dengan indeks glikemik rendah. Konsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah terbukti membantu mengontrol gula darah. Hal ini baik bagi tubuh, terutama bagi mereka yang memiliki diabetes.

Nangka juga mengandung protein yang membantu mencegah kenaikan kadar gula darah secara drastis.

4. Baik untuk pencernaan

Dari 100 gram buah nangka, terdapat 2 gram serat. Nangka memiliki dua jenis serat yakni serat larut dan tak larut. Keduanya baik untuk tubuh.


Serat larut mudah dicerna tubuh sehingga menghasilkan energi. Sedangkan serat tak larut membantu usus dalam proses pencernaan.

5. Cegah kanker

Selama ini, kanker menjadi momok bagi semua orang. Oleh karenanya, penting untuk menerapkan gaya hidup sehat, termasuk dengan mengonsumsi nangka.

Kandungan antioksidan yang ada di dalamnya mampu mengeliminasi racun yang masuk ke dalam tubuh. Racun berupa radikal bebas itu diketahui merupakan cikal bakal munculnya penyakit kanker.

6. Antipenuaan

Kulit perlu dijaga, baik dari luar maupun dalam. Dari luar, Anda bisa saja mengaplikasikan berbagai produk perawatan kulit.

Sementara dari dalam, imbangi perlindungan kulit dengan asupan nutrisi yang baik seperti nangka.

Kandungan antioksidan yang dimiliki nangka mampu memerangi radikal bebas penyebab penuaan kulit. Kulit pun terlindungi dari ancaman keriput. (els/asr)


BACA JUGA