HARI AYAH NASIONAL

Pentingnya Peran Ayah untuk Kecerdasan dan Kepribadian Anak

CNN Indonesia | Senin, 12/11/2018 13:55 WIB
Pentingnya Peran Ayah untuk Kecerdasan dan Kepribadian Anak Ilustrasi (sarahbernier3140/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selamat Hari Ayah! Indonesia hari ini merayakan Hari Ayah yang jatuh tiap 12 November setiap tahunnya. Hari yang didedikasikan khusus untuk para ayah ini diharapkan bisa jadi momen untuk menghormati dan menghargai jasa para ayah.

Ayah selama ini dianggap berjasa sebagai tulang punggung keluarga. Namun, peran ayah bukan hanya sekadar mencari nafkah. Ayah juga berperan penting terhadap tumbuh kembang, kecerdasan, dan kepribadian anak.

Psikolog keluarga, Mira Amir menjelaskan, peran ayah pada anak perempuan berperan signifikan untuk meningkatkan inteligensi. Sedangkan pada anak laki-laki-laki, ayah merupakan contoh yang bakal ditiru lantaran memiliki jenis kelamin yang sama.



Secara umum, peran ayah mampu meningkatkan kemampuan anak dalam mengolah masalah.

"Ayah cenderung berperan besar untuk pada kemampuan anak mengolah permasalahan, mencari solusi alternatif, dan membentuk kepribadian yang tangguh," kata Mira kepada CNNIndonesia.com, Senin (12/11).

Kemampuan seorang pria yang berpikir logis dan mampu mencari solusi, membuat ayah dianggap mampu menularkan proses penyelesaian masalah kepada anak dengan lebih efektif ketimbang ibu.

Jika proses ini berjalan sukses, anak akan menjadi orang yang tidak mudah putus asa karena dapat menemukan solusi atau alternatif solusi untuk suatu permasalahan. Ayah juga mampu membuat anak menjadi pemberani dan tidak takut untuk mencoba hal baru.

"Buka berarti ibu tidak bisa. Tapi kecenderungannya lebih pada ayah," ucap Mira.


Untuk menghargai jasa ayah ini, Mira menyebut Hari Ayah bisa dirayakan dengan mengucapkan terima kasih pada Ayah baik secara langsung atau pun bisa diramaikan di media sosial. Walaupun, menurut Mira, penunjukan rasa kasih sayang itu mesti diberikan setiap hari.

Tapi, tak ada salahnya menjadikan hari ini lebih spesial untuk menghormati para ayah di seluruh Indonesia. Terima kasih, Ayah! (ptj/asr)


ARTIKEL TERKAIT