6 Manfaat Super Makan Kuaci

CNN Indonesia | Selasa, 13/11/2018 07:41 WIB
6 Manfaat Super Makan Kuaci Foto: Hans/Pixabay
Jakarta, CNN Indonesia -- Kuaci alias biji bunga matahari kerap jadi alternatif camilan di sela makan 'besar'. Meski dibutuhkan usaha keras untuk menikmatinya, tapi makan kuaci bisa jadi keasyikan tersendiri.

Lagi pula, usaha keras itu tampaknya imbang dengan beragam manfaat yang dimiliki kuaci untuk kesehatan. Dalam 28 gram kuaci terdapat 164 kalori, 2,4 gram serat, 5,8 gram protein, 5,2 gram lemak tak jenuh tunggal, 6,4 gram lemak omega-6, 47 persen vitamin E, 27 persen mangan, dan 23 persen magnesium. Komposisi ini mendatangkan aneka manfaat untuk tubuh.

1. Mendukung kesehatan jantung


Vitamin E tak hanya berguna untuk kulit, tetapi juga buat kesehatan jantung. Konsumsi seperempat cangkir kuaci mampu memenuhi 60 persen kebutuhan vitamin E harian. Vitamin E berhubungan dengan penurunan risiko kematian dini akibat penyakit kardiovaskular.


Tak hanya vitamin E, kandungan folat pada kuaci juga membantu menjaga kesehatan jantung sejak dalam kandungan. Folat mampu memproses homocystein yang menjadi salah satu indikator masalah kardiovaskular.

2. Mood baik sepanjang hari

Perasaan atau mood yang baik mampu memompa produktivitas sepanjang hari. Kandungan magnesium yang ada di dalamnya bisa membantu Anda menjaga mood harian.

Sejak ratusan tahun lalu, magnesium sulfat diterapkan sebagai terapi penurunan depresi pada pasien. Magnesium pun kini memainkan peranan penting bagi terapi kesehatan mental.

3. Cegah kanker

Meski berukuran mini, kuaci bisa membantu mencegah timbulnya kanker. Kuaci mengandung selenium yang berperan untuk meningkatkan perbaikan DNA dan mencegah perkembangan sel kanker.


Jenis mineral ini mampu melindungi tubuh dari kanker kulit, kemih, usus besar, dan prostat. Minyak biji bunga matahari kaya akan karotenoid yang mengontrol kerusakan sel dan mencegah risiko perkembangan kanker paru, rahim, dan kulit.

4. Antiinflamasi

Kandungan vitamin E pada kuaci merupakan jenis antioksidan larut. Sifat inilah yang memungkinkan vitamin E 'berkeliling' tubuh untuk menetralkan radikal bebas.

Vitamin E memiliki sifat antiinflamasi hingga mampu mereduksi penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas dan peradangan seperti asma dan pengeroposan tulang.

5. Lawan masalah kulit

Salah satu rahasia kulit mulus dan jauh dari masalah adalah rajin mengonsumsi kuaci. Mengapa? Ini disebabkan oleh kandungan lemak esensial pada kuaci.


Lemak esensial baik untuk mendorong pembentukan kolagen dan elastin. Keduanya membuat kulit senantiasa halus dan kenyal. Asam lemak memiliki komponen antibakteri sehingga kulit terlindungi dari jerawat.

6. Stimulasi pertumbuhan rambut

Kuaci mengandung beberapa jenis vitamin yang penting untuk kesehatan rambut, seperti zinc yang mampu membantu pertumbuhan rambut.

Jika zinc bisa mencegah kerontokan, vitamin E menstimulasi pertumbuhan rambut dengan meningkatkan peredaran darah pada kulit kepala.

Namun, konsumsi kuaci juga perlu diatur. Pasalnya, konsumsi kuaci berlebih bisa berdampak buruk untuk kesehatan. (els/asr)


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA