Mahir Menari atau Berbahasa Asing Bisa Dapat Hotel Gratis

CNN Indonesia | Selasa, 13/11/2018 14:02 WIB
Mahir Menari atau Berbahasa Asing Bisa Dapat Hotel Gratis Ilustrasi. (Istockphoto/bymuratdeniz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Siapa bilang berwisata harus mengeluarkan banyak uang? Jika menjadi anggota situs akomodasi ini, turis malah bisa menukar keahlian atau barang bawaannya dengan kesempatan menginap gratis.

Dikutip dari Travel and Leisure, situs barterweek.com mempersilakan turis untuk menikmati layanan menginap gratis di hampir seluruh destinasi wisata di dunia hanya dengan transaksi barter.

Situs ini terinspirasi oleh gerakan Barter Week yang sebelumnya telah dilakukan di Italia.


Melihat situs barterweek.com, terlihat tawaran menginap di sekitar 500 properti di sebanyak 60 negara, mulai dari Albania, Ekuador, Meksiko, Slovenia, Amerika Serikat sampai Indonesia.

Sebagian besar tipe penginapan yang ditawarkan mulai dari yang berkonsep hostel, hotel sampai villa.

Dari situsnya turis bisa melihat lokasi dan foto ruangan tempat penginapan yang disediakan.

Di Indonesia penginapan yang menerima layanan ini ialah The 4 Fish yang berada di Manado.

Untuk penginapan The 4 Fish barter yang dibutuhkan ialah jasa mengecat rumah.

Selain jasa mengecat rumah, sejumlah tempat penginapan lain juga ada yang meminta barter jasa mengajar bahasa asing, mengajar tarian tango sampai memberi makan hewan peternakan.

Gerakan Barter Week berlangsung mulai dari 19 November sampai 25 November, namun sejumlah tempat penginapan di situs barterweek.com membuka layanan barter sepanjang tahun.

Dengan konsep ini diharapkan turis bisa merasakan kearifan lokal dari destinasi wisata yang dikunjunginya, langsung dari tempat bermalamnya.

Tapi perlu diingat juga bahwa pengelola berhak menolak permintaan barter turis jika tak memenuhi syarat yang telah ditentukan tempat penginapannya.

(ard)