FOTO: Karimunjawa, Permata Bahari di Tengah Jawa

ANTARA FOTO/Aji Styawan, CNN Indonesia | Rabu, 14/11/2018 13:00 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Selain Raja Ampat, Karimunjawa juga menawarkan eksotisme wisata bahari yang tak kalah menarik di Indonesia.

Wisatawan beraktivitas di kawasan Pulau Cilik, Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. Selain Raja Ampat, Karimunjawa juga menawarkan eksotisme wisata bahari yang tak kalah menarik di Indonesia.
Wisatawan mancanegara berjalan di dermaga pelabuhan kapal penumpang usai tiba di Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. Kepulauan yang terletak di utara Pulau Jawa ini termasuk wilayah administratif Kabupaten Jepara. Terdapat 27 pulau dengan luas daratan kurang lebih 1.500 hektare dan perairan  seluas 110 ribu hektare.
Kawasan Hutan Mangrove, Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. Karimunjawa yang dikenal dengan pantai mempesona itu merupakan salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang diproyeksikan bisa menyedot minat wisatawan mancanegara.
Sejumlah ikan badut (Amphiprioninae) berada di sekitar anemon (Actiniaria) yang hidup di terumbu karang di wilayah peraian konservasi Taman Nasional Karimunjawa (TNKJ), Jepara, Jawa Tengah. Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias.
Penginapan berkonsep ramah lingkungan, Bunga Jabe, di tepi pantai Desa Kemujan. Untuk menuju Karimunjawa wisatawan dapat menggunakan kapal express dari Semarang dan Jepara. Dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, kapal Kartini I berangkat setiap Sabtu dan kembali dari Karimunjawa setiap Minggu dengan lama penyeberangan 2-3 jam. 
Wisatawan melakukan aktivitas selam permukaan di sekitar Pulau Cilik, Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. Selain melalui kapal laut, Karimunjawa dapat dituju via pesawat dari Semarang. Untuk menginap pun sudah tak masalah karena banyak hotel, resort dan homestay.
Sejumlah perahu nelayan bersandar seusai melaut di tepi pantai Pelabuhan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. Menghabiskan senja, wisatawan dapat ngopi dan foto-foto di Bukit Love, spot wisata buatan di lereng bukit dengan latar lanskap Karimunjawa. 
Sejumlah anak menyelesaikan lukisan bertema alam saat mengikuti rangkaian kegiatan Jelajah Harmoni Nusantara Greenpeace di Desa Kemujan, Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. Sebagai cenderamata, wisatawan dapat mencari kerajinan berbahan kayu-kayu khas Karimunjawa antara lain dewandaru, setigi, dan kalimasada.