4 Posisi Paling Aman Berhubungan Seks Saat Hamil

CNN Indonesia | Rabu, 14/11/2018 23:59 WIB
4 Posisi Paling Aman Berhubungan Seks Saat Hamil ilustrasi hamil (StockSnap/Freestocks.org)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bagi pasangan yang sudah menikah mendengar kabar kehamilan sangat membahagiakan. Baik yang telah menikah lama maupun pengantin baru.

Namun masih banyak yang belum tahu dan paham mengenai kehamilan. Salah satunya berhubungan seks selama kehamilan.

Padahal bercinta selama kehamilan diperbolehkan, pasangan pun bisa melakukan seks dari awal kehamilan hingga menjelang hari kelahiran si buah hati.



Dibanding 'kabar buruk' atau bahaya yang mengintai, seks selama hamil sebenarnya justru punya manfaat positif.

Dokter kandungan Frizar Irmansyah mengungkapkan bahwa seks selama kehamilan sangat direkomendasikan terlebih ketika kehamilan sudah memasuki trimester III atau mendekati persalinan. Berhubungan seks saat hamil akan memberikan manfaat seperti mempercepat dan mempermudah proses persalinan.

"Karena sperma (mengandung) prostalglandin yang bisa merangsang persalinan," kata Frizar saat ditemui oleh CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.

Dia juga menambahkan bahwa melakukan hubungan seks selama kehamilan pun berbeda dengan kondisi pasangan normal.

Pasalnya kondisi dan tubuh perempuan hamil berbeda dengan yang tidak sedang hamil. Pasangan harus mengatur tempo dan mengatur posisi atau gaya saat bercinta tetap nyaman.

"Gaya itu bisa disesuaikan dengan keinginan ibunya yang sedang hamil, pastikan ibunya nyaman untuk melakukan seks dan bapaknya menyesuaikan. Jadi harus dikomunikasikan supaya ibunya nyaman," ucapnya.   


Salah satu hal yang jadi pertimbangan untuk memilih posisi berhubungan seks yang aman saat hamil adalah kenyamanan ibu hamil dan juga si bayi dalam kandungan.

"Selain kenyamanan si ibu yang sedang hamil juga tekanan darah ke bayi tidak boleh terganggu."

Berikut beberapa posisi seks yang aman saat hamil.


1. Spooning
Posisi spooning ini disebut juga posisi sendok. Untuk posisi sendok ini pria berada di belakang wanita hamil.

Gerakan penetrasi bisa dilakukan saat berada di belakang pasangan wanita yang sedang hamil. Posisi ini membuat nyaman dan intim bagi pasangan wanita hamil.

"Pada posisi ini bisa lebih nyaman bagi yang sedang hamil apabila si ibu bisa mengangkat salah satu kakinya dan ditekuk ke dalam," ucap Frizar.

2. Women on top
Posisi seks ini direkomendasikan saat trimester akhir atau sudah hamil besar. Dengan posisi pasangan wanita yang berada di atas pasangan pria, dia memiliki kendali untuk mengontrol tempo dan merasa lebih nyaman.

Hanya saja, dengan posisi ini, penetrasi tak boleh dilakukan terlalu dalam. Penetrasi yang dalam akan menimbulkan rasa nyeri pada pasangan. 


3. Side By Side
Posisi side by side merupakan posisi bercinta yang aman saat perut hamil sudah semakin besar.

Posisi ini akan memberikan lebih banyak kenyamanan yang karena Anda bisa mengontrol dorongan dan menjaga tumpuan berat bagian perut. Pada posisi ini keduanya saling berdampingan dan saling berhadapan satu sama lain.



4. Duduk di Bangku
Terkadang, perempuan hamil bisa merasa kurang nyaman saat bercinta di ranjang. Jika sudah begini, posisi seks di bangku bisa jadi alternatifnya. (auz/chs)