FOTO: Berharap Sehat dari Sengat Lebah

REUTERS, CNN Indonesia | Rabu, 14/11/2018 17:24 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang pria di Kairo, Mesir, menggunakan racun dari sengatan lebah sebagai terapi pengobatan beberapa jenis penyakit.

1. Meski sengatannya menakutkan, tapi lebah punya beragam manfaat untuk tubuh. (REUTERS/Amr Abdallah Dalsh)
Selain madunya yang kerap dimanfaatkan sebagai suplemen tubuh, beberapa orang juga memanfaatkan racun dari sengatan lebah sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit. (REUTERS/Amr Abdallah Dalsh)
Seorang pria di Kairo, Omar Abulhassan, membuka terapi sengatan lebah untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. (REUTERS/Amr Abdallah Dalsh)
Bermula dari membaca manfaat lebah dalam Al-Quran, Abulhassan percaya bahwa sengatan lebah bisa menghilangkan rasa sakit dan menyembuhkan penyakit seperti reumatik. (REUTERS/Amr Abdallah Dalsh)
Kini, terapi sengat lebah Abulhassan kedapatan sekitar lima pasien setiap bulannya. Dalam satu sesi khusus, dia bakal menggunakan enam lebah yang 'ditugaskan' untuk menyengat pasien di berbagai bagian tubuh. (REUTERS/Amr Abdallah Dalsh)
Seorang pasien, Mohamed Abdelfattah (29), mengatakan bahwa terapi sengatan lebah ini memperbaiki suasana hatinya dan membuatnya merasa sehat. (REUTERS/Amr Abdallah Dalsh)
Kendati demikian, manfaat terapi sengatan lebah belum terbukti secara ilmiah.


ARTIKEL TERKAIT