Berlian Pink Legacy Dijual Seharga Rp700 Miliar

CNN Indonesia | Rabu, 14/11/2018 19:46 WIB
Berlian Pink Legacy Dijual Seharga Rp700 Miliar Berlian merah muda Pink Legacy (REUTERS/Denis Balibouse)
Jakarta, CNN Indonesia -- Siapa yang tak luluh akan keindahan batu mulia sekelas berlian? Segala macam perhiasan yang bertahtakan berlian pasti memiliki harga selangit apalagi jika berliannya sendiri punya keunikan. 

Baru-baru ini rumah lelang Christie di Jenewa, Swiss memecahkan penjualan sebuah berlian merah muda. Berlian merah mudah bernama Pink Legacy ini dilepas dengan harga US$50juta atau lebih dari Rp700 miliar. 

"Anda harus mengakui pertama bahwa berlian Pink Legacy adalah berlian yang sangat istimewa. Ini adalah satu dari contoh terbaik dari berlian merah muda pada ukuran dan warna dan ini dibuktkan dengan rekor dunia baru untuk penjualan per karat," ujar Rahul Kadlaka, kepala bagian perhiasan rumah lelang Christie dikutip dari CNN (14/11). 



Menurut Kadlaka, berlian ini dibeli oleh label prestisius Amerika, Harry Winston. Si berlian pun akan berganti nama menjadi Winston Pink Legacy. 

Berlian dengan kadar 18,96 karat ini pun dikategorikan sebagai 'fancy vivid'. Sebutan ini disematkan berkat intensitas warna yang dimilikinya. Jarang ada berlian yang menyandang gelar ini. Hanya 1 dari 100ribu berlian. 

Di sisi lain, Eddie LeVian, CEO dari label perhiasan Le Vian mengakui bahwa rekor penjualan ini menandakan bisnis berlian dalam kondisi yang baik. 

"Ini pertanda sensitivitas pasar mendekati penutupan tambang berlian di Argyle, Australia pada 2020. Dengan Argyle yang memproduksi 90 persen berlian pink untuk dunia, coba berapa nilai berlian ini lima tahun dari sekarang?" kata dia dalam sebuah pernyataan resmi. 

Pink LegacyFoto: REUTERS/Denis Balibouse
Pink Legacy


Pink Legacy memecah rekor dengan tingginya harga per karat yakni US$2,637 juta atau lebih dari Rp38 miliar. harga tertinggi sebelumnya dipegang oleh Pink Promise dengan harga US$2,176juta per karat atau lebihd ari Rp32 miliar.


Sementara itu, Christie tidak melakukan identifikasi terhadap pemilik terakhir berlian. Namun berlian ini pernah dimiliki oleh keluarga Oppenheimer yang menjalankan perusahaan pertambangan berlian De Beers selama tiga generasi. 

Sebelumnya pada 2017 sebuah berlian bernama Pink Star terjual di rumah lelang Sotheby, Hong Kong dengan harga US$71,2juta atau lebih dari Rp1 triliun. Berlian 59,6 karat ini merupakan berlian termahal dan terbesar yang pernah dilelang di sana. (els/chs)


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA