Mengenal Bushcraft, Teknik Bertahan Hidup di Alam Liar

CNN Indonesia | Kamis, 15/11/2018 19:29 WIB
Mengenal Bushcraft, Teknik Bertahan Hidup di Alam Liar Ilustrasi. (StockSnap/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berkemah di tengah alam liar menjadi kenangan masa kecil setiap orang, terutama yang menjadi anggota Pramuka. Di zaman serba modern seperti sekarang ini berkemah kembali dilirik sebagai kegiatan wisata seru, terutama karena adanya tempat penginapan bertema kemah mewah alias glamour camping (glamping).

Glamping memang menyenangkan, namun bagi yang ingin merasakan tantangan yang sesungguhnya, berkemah di tengah alam liar wajib dilakukan.

Namun sebelum mendirikan tenda di tengah hutan atau pinggir pantai, ada sejumlah teknik "bertamu di alam" yang wajib diketahui.


Selain tak merusak kelestarian alam, bertahan hidup juga menjadi hal yang patut dipelajari.

Belakangan ini situs Youtube diramaikan oleh video-video bertema teknik bertahan hidup di tengah alam liar atau yang disebut bushcraft.

Bushcraft pertama kali dipopulerkan oleh petualang bernama Les Hiddins dan Mors Kochanski.

Sebagai catatan penting, bushcraft wajib dibarengi dengan persiapan fisik, mental dan alat yang mumpuni sebelum pergi ke tengah alam liar, sehingga orang yang melakukannya bisa menjalankan teknik cadangan jika teknik utama gagal.

Belajar membuat api dari ranting pohon, memancing sampai membangun tenda dari alat sederhana merupakan hal mendasar yang populer diajarkan dalam video-video bushcraft.

Peralatan-peralatan penunjang seperti selimut terpal, pisau lipat sampai golok juga disebut wajib dibawa sebagai perlengkapan melakukan bushcraft.

Dari video-video bushcraft yang ditayangkan, banyak yang mengatakan kalau peralatan yang dibawa tak perlu mahal, asalkan berkualitas dan mudah dibawa.

Bushcraft juga terhitung murah untuk dipelajari karena banyak perlengkapan dari hutan yang bisa digunakan, mulai dari jamur liar sebagai makan malam sampai ranting pohon sebagai kompor memasak.

Ada banyak literatur mengenai bushcraft yang bisa dibaca untuk dipelajari, seperti buku Bushcraft karangan Richard Graves, Bushcraft 101 karangan Dave Canterbury, Essential Bushcraft karangan Ray Mears, atau The Forager's Harvest karangan Samuel Thayer.

Komunitasnya juga aktif melakukan diskusi di dunia. Beberapa situs komunitas bushcraft yang bisa dikunjungi ialah Bushcraft UK, Ray Mears' Blog, Dryad Bushcraft dan Bushcraft And Survival Skills Blog.

Dan bagi yang ingin belajar bushcraft melalui video, The Prepping Guide juga telah merilis daftar video teknik bushcraft yang paling populer di situs Youtube:

1. Primitive Technology

[Gambas:Youtube]

2. Wranglerstar

[Gambas:Youtube]

3. Survival Lily

[Gambas:Youtube]

4. Joe Robinet

[Gambas:Youtube]

5. David Canterbury

[Gambas:Youtube]

(fey/ard)