Kebalikan Pinokio, Saat Bohong Hidung Orang Akan Memendek

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Jumat, 23/11/2018 08:58 WIB
Kebalikan Pinokio, Saat Bohong Hidung Orang Akan Memendek ilustrasi Pinokio (Istockphoto/luckyraccoon)
Jakarta, CNN Indonesia -- Siapa yang tak tahu tentang dongeng si boneka kayu Pinokio. Si boneka kayu ini hidungnya akan memanjang jika ketahuan berbohong.

Tak ingin anak-anaknya jadi pembohong, orang tua pun menakut-nakuti anaknya dengan mengatakan hidung mereka akan memanjang saat berbohong. Anak-anak pun takut dan tak lagi mau berbohong.

Namun benarkah Pinokio hanyalah dongeng anak-anak? Penelitian Spanyol dari University of Granada mengungkapkan bahwa efek pinokio benar adanya.



Hanya saja, penelitian tersebut mengungkapkan yang sebaliknya. Ketika berbohong, hidung bukan memanjang, melainkan menyusut sedikit alias memendek.

Peneliti Emilio Gomez Milan dan timnya mengembangkan detektor kebohongan dengan menggunakan thermography untuk menguji sebuah kebohongan. Mereka menemukan bahwa ketika partisipan berbohong maka temperatur di ujung hidungnya turun sampai 1,2 derajat Celcius, sementara itu temperatur dahi meningkat sampai 1,5 derajat celcius.

Peneliti juga menemukan bahwa turunnya temperatur di hidung akan menyebabkan hidung jadi memendek. Namun jangan salah sangka, memendeknya panjang hidung ini tak akan terdeteksi oleh mata manusia.

"Seseorang sering berpikir bagaimana cara mereka akan berbohong. Ini akan meningkatkan suhu di dahi. Di saat yang sama, orang akan merasa cemas. Ini akan menurunkan temperatur di hidung," ungkap Gomez Milan dikutip dari Oddity Central.


Penelitian ini dilakukan terhadap 60 orang murid dari berbagai bidang. Mereka di-scan dengan menggunakan thermal imaging technology.

Salah satu tugas yang diberikan adalah untuk menghubungi orang tua, teman, atau kekasih selama 3-4 menit. Mereka diminta untuk berbohong. Partisipan diamati dengan kamera termal untuk membuktikan kebalikan dari pinokio efek ini. (chs)


ARTIKEL TERKAIT