5 Jenis Kacang Terbaik untuk Tubuh

CNN Indonesia | Kamis, 22/11/2018 05:40 WIB
5 Jenis Kacang Terbaik untuk Tubuh Ilustrasi kacang (iStock/salez)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kacang merupakan salah satu makanan sehat yang baik dikonsumsi untuk tubuh.

Kaya akan antioksidan, serat, protein, vitamin, mineral, dan lemak tak jenuh, kacang disebut-sebut mampu menurunkan risiko berbagai penyakit.

"Kandungan yang ada di dalam kacang membuat Anda kenyang, membantu membangun tulang dan otot agar lebih kuat, serta menjauhkan Anda dari berbagai penyakit," ujar pakar nutrisi, Maggie Michalczyk, mengutip Women's Health Magz.


Sebuah penelitian yang diterbitkan di New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa mengonsumsi segenggam kacang dalam sehari mampu menambah angka harapan hidup.


Almond bisa jadi salah satu jenis kacang paling populer. Almond dihadirkan pada banyak sajian masakan. Namun, almond bukan satu-satunya kacang sehat yang bisa Anda konsumsi.

Diambil dari berbagai sumber, berikut berbagai jenis kacang terbaik yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh.

1. Kacang Brazil
Kacang Brazil mengandung banyak selenium. Nama yang terakhir merupakan mineral yang terlibat dalam memproduksi hormon tiroid. "Itu membantu tubuh melawan kanker," ujar pakar nutrisi, Kelly R Jones.

Selain itu, kacang Brazil juga dikenal baik untuk kesehatan kulit dan rambut.

Namun, Anda tak perlu mengonsumsinya terlalu banyak. Kacang Brazil berukuran besar. Jadi Anda hanya perlu memakan dua atau tiga kacang dalam sehari untuk mendapatkan manfaatnya.


2. Kacang mete
Jika dibandingkan jenis kacang lainnya, kacang mete memiliki kandungan zat besi paling tinggi. "Banyak orang harus memasukkan kacang mete dalam menu harian mereka," ujar Jones.

Tekstur creamy yang dimiliki kacang mete juga membuatnya bisa menjadi produk pengganti susu.

3. Kacang tanah
Kacang tanah merupakan sumber protein yang baik. Di dalamnya juga banyak ditemukan berbagai kandungan vitamin dan mineral, seperti magnesium dan fosfor.

Namun, yang perlu diingat adalah bahwa kacang tanah merupakan sumber makanan tinggi kalori. "Tetaplah pada ukuran porsi dua sendok makan kacang tanah sehari," ujar Michalczyk.

4. Kacang kenari
Kacang kenari adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat penting untuk diet dan membantu mengurangi risiko gangguan jantung.


Mengutip Healthline, meski kacang kenari memiliki kandungan kalori dan lemak yang sedikit lebih banyak dibandingkan jenis kacang lainnya, namun itu adalah lemak sehat yang dibutuhkan tubuh.

5. Hazelnut
Seperti kacang kenari, hazelnut juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Sebuah studi menemukan bahwa diet kaya hazelnut mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, konsumsi hazelnut juga mampu meningkatkan fungsi pembuluh darah. (asr/asr)