Wonderful Indonesia di Geliat Final Futsal

Kemenpar, CNN Indonesia | Senin, 19/11/2018 16:15 WIB
Wonderful Indonesia di Geliat Final Futsal Ilustrasi futsal. (Foto: ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wonderful Indonesia memeriahkan perhelatan Grand Final Hydro Coco Cup National Futsal Tournament (HCNFT) 2018 di GOR Knight Stadium, Semarang.

"Inilah kerja sama yang langgeng dan berkesinambungan. Kami saling mem-branding dengan produk. Sport juga merupakan value yang tinggi. Anak muda yang biasa kami sebut dengan milenial juga merupakan ujung tombak promosi pariwisata," ujar Plt Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata Ni Wayan Giri Adnyani dalam keterangan tertulis, Senin (19/11). 


Asisten Deputi Strategi dan Komunikasi I pada Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Hariyanto menambahkan pelaksanaan Hydro Coco Cup tersebar di 28 kota yang ada di Indonesia. Kemenpar berharap turnamen ini bisa bersinergi dengan program Wonderful Indonesia.


"Sport tourism bisa menjadi sarana yang efektif dalam mempromosikan pariwisata berbagai daerah di Indonesia, harapan ke depan HCNFT bisa menjadi daya tarik untuk masyarakat datang menyaksikan pertandingan di setiap kota," katanya.


Head of Kalbe Beverages PT Kalbe Farma Tbk Ronald Unadi mengatakan melalui kegiatan ini Hydro Coco ingin berkontribusi untuk mewujudkan Indonesia yang lebih sehat dan berprestasi khususnya generasi muda. Selain itu, juga bermanfaat bagi pariwisata di Tanah Air.

"Kami juga sangat suka berkolaborasi mendukung Kementerian Pariwisata. Karena dengan dukungan ini kita juga membantu bisa mendukung pergerakan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara," ujar Albert.

Selain itu, Achmad Syaibani, Talent Scout Federasi Futsal Indonesia mengatakan pihaknya mengapresiasi penyelenggaraan turnamen yang disokong Federasi Futsal Indonesia (FFI).

Di tahun ini HCNFT ditunjuk menjadi program resmi FFI U-18 dan menjadi ajang pencarian bakat untuk seleksi anggota timnas futsal Indonesia U-18 yang telah masuk dalam agenda tahunan, sebagai acara pembinaan futsal di Indonesia.

"Sangat bermanfaat untuk atlet, sangat bermanfaat untuk prestasi bangsa,"katanya.

Sementara itu, turnamen ini juga melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN) yang sudah ikut untuk kali ke-empat.

"Kami memiliki kesamaan visi dengan Kalbe yaitu menciptakan masyarakat Indonesia yang lebih sehat khususnya hidup sehat tanpa narkoba," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNNP Jawa Tengah, Susanto.

Kampanye Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun terus mengajak korporasi untuk semakin solid bersama-sama memperkuat kampanye pariwisata Indonesia melalui co-branding.

Wonderful Indonesia telah menempati posisi 47 besar dunia sebagai brand yang mempromosikan pariwisata dan budaya ke mata dunia.

"Promosi besar-besaran brand ini telah dilakukan pada semua platform media di seluruh dunia. Nilai branding telah mengalahkan Amazing Thailand dan Malaysia Truly Asia," katanya.


Upaya ini diperkuat lagi dengan mengajak pelaku bisnis untuk membangun  Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia. "Program tersebut telah dicoba melalui beberapa produk, dan hasilnya sukses. Termasuk dengan Hydro Coco," katanya.

Dalam pertandingan itu, ada 10 tim juara hasil seleksi Gold Qualification yang bertanding memperebutkan juara umum di turnamen yang berhadiah total Rp285 juta. Selain itu,  juga ada piala bergilir trofi emas Hydro Coco Cup, sertifikat dan kesempatan mengikuti turnamen futsal internasional U-18 di Bangkok Thailand.

Sepuluh tim tersebut adalah yaitu SMANKO Bengkulu, SMAN 1 Jayapura, SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta, SMA Sejahtera Surabaya, SMAN 18 Bandung, SMAN 3 Batam, SMAN 3 Balikpapan, SMA 1 Boja Semarang, SMA 12 Makassar dan SMA 3 Cibinong.

Sebelumnya peserta turnamen Hydro Coco juga semakin tinggi dengan diikuti 1.005 sekolah menengah atas yang berasal dari 28 kota di Indonesia dan disaksikan 160 ribu penonton.


HCNFT 2018 diselenggarakan di 28 kota yang dibagi menjadi Gold Qualification dan Silver Qualification. Kualifikasi Silver diselenggarakan di 18 kota antara lain Bekasi, Tangerang, Padang, Tasikmalaya, Bogor, Solo, Manado, Cirebon, dan Balikpapan.

Sedangkan kualifikasi Gold diselenggarakan di sepluhn kota yaitu Batam, Yogyakarta, Medan, Semarang, Bandung, Jayapura, Surabaya, Makassar, Banjarmasin dan Jakarta.


(mle)


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA