MAULID NABI

Makanan-makanan Khas Seluruh Dunia Saat Maulid Nabi

CNN Indonesia | Selasa, 20/11/2018 08:42 WIB
Makanan-makanan Khas Seluruh Dunia Saat Maulid Nabi Baklava adalah salah satu hidangan saat Maulid Nabi (Istockphoto/byheaven)
Jakarta, CNN Indonesia -- Maulid Nabi 2019 jatuh pada Selasa (20/11).

Selain anjuran untuk memperbanyak selawat, momen Maulid Nabi diharapkan menjadi momentum untuk meneladani dan mengingat kembali kisah perjuangan Rasulullah.

Selain merayakan dengan selawat dan pengajian, beberapa negara juga melengkapi perayaan tersebut dengan aneka makanan khas.



Mengutip berbagai sumber, ada beberapa makanan khas yang disajikan saat perayaan Maulid Nabi di beberapa negara.

Makanan-makanan yang disajikan ini semuanya bervariasi. Semuanya tergantung budaya dan juga tradisi lokal.

1. Mesir:
Di Mesir, makanan khas saat Maulid Nabi adalah hummus, manisan, permen berwarna pink dengan bentuk seperti ksatria dan kuda. Permen berbentuk kuda ini juga menjadi salah satu makanan khas di Sudan.

Selain itu camilan gorengan yang terbuat dari gandum, gula, mentega, telur atau yang disebut sebagai mshabak juga disajikan di Mesir.

2. India dan Pakistan:
Umat Muslim di India dan Pakistan kerap menyantap makanan berupa nasi pedas dan daging pedas. Mereka juga sering menyantap olahan nasi yang manis.

Hidangan daging unta sering dianggap sebagai makanan yang spesial di perayaan tersebut. Sementara daging kambing dan domba termasuk makanan yang biasa di kawasan tersebut.

3. Kenya:
Di negara ini, Maulid Nabi dirayakan dengan menyantap pilaf udang, kari terong, singkong dengan santan, chutney mangga dan cabai merah panggang.


4. Afrika Utara:
Umat muslim menikmati santapan aseeda atau asida saat Maulid Nabi. Asida sendiri merupakan makanan penutup manis yang terbuat dari tepun gandum, mentega, dan madu. Hanya saja santapan ini disantap dalam kondisi hangat dan langsung dimakan dengan tangan.

5. Timur Tengah:
Makanan khas saat Maulid Nabi adalah baklava. Baklava adalah salah satu jenis makanan manis dari Timur tengah. Makanan ini dibuat dari adonan kulit filo (pastry) yang renyah dengan isian yang manis.

(chs)