FOTO: Mimpi China Perluas Pasar Obat Tradisional

AFP, CNN Indonesia | Jumat, 23/11/2018 06:41 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Penggunaan obat tradisional yang mengakar membuat China berharap bisa memperluas pasar pengobatan herbalnya ke skala global.

Obat tradisional masih mengakar di China. Warga masih memperhitungkan penggunaan obat tradisional meski akses terhadap produk farmasi modern cukup terjangkau di China. (Photo by Johannes EISELE/AFP)
Tengok saja warga yang mengantre di Rumah Sakit Yueyang, Shanghai, China. Mereka mengantre untuk mendapatkan obat-obatan herbal. (Photo by Johannes EISELE/AFP)
Lin Hongguo, pensiunan berusia 76 tahun, membeli obat herbal untuk mengobati jantungnya yang berdetak lambat.
Obat tradisional mendapatkan subsidi di China. Hal itu jelas membuat harganya lebih murah ketimbang obat-obatan modern. (Photo by Johannes EISELE/AFP)
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri bakal memasukkan satu bab khusus tentang obat tradisional sebagai salah satu referensi tren medis di skala global. (Photo by Johannes EISELE/AFP)
Kepercayaan warga pada obat tradisional ditambah dukungan WHO setidaknya menaruh harapan bagi China untuk memperluas pasar obat tradisionalnya ke skala global. (Photo by Johannes EISELE/AFP)
Sayangnya, impian itu masih menemukan kendala. Obat tradisional disebut tidak memiliki standar medis tertentu. Hal itu membuat penentuan dosis obat tradisional menjadi lebih rumit. (Photo by Johannes EISELE/AFP)
Wang Zhenyi, seorang ahli kesehatan di RS Yueyang, mengibaratkan obat tradisional sebagai 'lukisan'. Sementara obat modern diibaratkannya dengan 'fotografi' yang telah memiliki standar-standar tertentu. (Photo by Johannes EISELE/AFP)