FOTO: Kala Biksu Thailand Melawan Krisis Obesitas

AFP, CNN Indonesia | Senin, 26/11/2018 09:00 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Kalangan biksu di Thailand berjuang melawan krisis obesitas yang melanda sejak beberapa tahun terakhir.

Kalangan biksu di Thailand tengah berjuang melawan krisis obesitas. Setiap pagi, mereka berjalan-jalan dan berolahraga ringan di sekitar kuil demi menurunkan berat badan. (Photo by Romeo GACAD/AFP)
Kegiatan di pagi hari itu merupakan bagian dari aturan hidup baru yang bertujuan untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan para biksu Thailand. (Photo by Romeo GACAD/AFP)
Obesitas memang tengah melanda para biksu di Thailand. Penyebabnya adalah sajian makanan pemberian umat. Tingginya kandungan gula dan lemak dalam makanan-makanan itu berkontribusi menimbulkan krisis obesitas para biksu. (Photo by Romeo GACAD/AFP)
Permasalahannya, para biksu kerap kesulitan menolak pemberian umat.
Pada Desember 2017 lalu, Departemen Kesehatan Thailand menerbitkan
Meski pedoman tersebut tak bersifat wajib, namun para biksu tampak sadar berat badan. Perlahan, hasil pun terlihat. Seperti Pipit, misalnya, yang berhasil menurunkan berat badannya sebanyak 30 kilogram sejak dia mulai memantau kesehatannya pada awal 2018. (Photo by Romeo GACAD/AFP)
Berdasarkan catatan Asian Development Bank, Thailand sendiri masuk ke dalam salah satu negara dengan penderita obesitas tertinggi di Asia. (Photo by Romeo GACAD/AFP)
Sebuah survei pada tahun 2016 yang dilakukan oleh Chulalongkorn University, Bangkok, menemukan tingkat obesitas para biksu melonjak hingga 48 persen. Sebanyak 42 persen di antaranya menderita hipertensi. (Photo by Romeo GACAD/AFP)