Makanan yang Ampuh Hilangkan Nikotin dari Tubuh Perokok

CNN Indonesia | Selasa, 27/11/2018 11:05 WIB
Makanan yang Ampuh Hilangkan Nikotin dari Tubuh Perokok ilustrasi rokok (REUTERS/David W Cerny)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nikotin merupakan salah satu zat yang terkandung di dalam rokok. Senyawa kimia ini disinyalir menjadi penyebab seseorang jadi kecanduan merokok.

Nikotin sebenarnya merupakan zat kimia yang secara alami dibuat oleh beberapa jenis tumbuhan, seperti tomat, terung, termasuk tembakau yang menjadi bahan baku rokok. 

Namun, dalam kadar tertentu pada tembakau, nikotin dapat menyebabkan adiksi yang membuat seseorang ketergantungan dan tak bisa lepas dari rokok. Efek samping nikotin dapat mempengaruhi jantung, hormon, dan sistem gastrointestinal.



Namun, zat adiktif ini bisa dilawan dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan. Makanan ini ampuh membersihkan tubuh dari racun dan menghilangkan nikotin dari tubuh.

1. Jahe
Jahe memiliki sifat anti-peradangan yang membantu mengeluarkan racun dari saluran pernapasan. Ekstrak jahe juga terbukti dapat melawan sel kanker paru-paru.

Jahe mengandung beragam vitamin dan mineral seperti kalium, magnesium, beta-karoten dan seng. Kandungan ini mampu melawan zat-zat berbahaya dan tidak dibutuhkan oleh tubuh, termasuk nikotin. 

Untuk mendapatkan khasiat ini, jahe bisa dikonsumsi dengan teh atau menambahkannya dalam bumbu makanan.

2. Kunyit
Kunyit juga mampu membersihkan paru-paru dari zat beracun termasuk nikotin. Diberitakan Medical News Today, sama seperti jahe, kunyit memiliki sifat yang ampuh mengobati peradangan.

Kunyit kaya akan mangan, zat besi, kalium dan vitamin C. Mikronutrien ini bisa melawan zat-zat yang berbahaya bagi tubuh.


3. Brokoli
Brokoli kaya akan vitamin C dan B5. Mengonsumsi brokoli bisa membantu tubuh mendapatkan vitamin C yang hilang karena merokok. 

Brokoli juga membantu metabolisme tubuh dan melindungi paru-paru dari racun. Kandungan gen NRF2 dalam sayuran hijau ini dapat melindungi sel paru-paru dari beragam zat berbahaya.

4. Apel
Laporan dari Manipal Hospital menyebut mengonsumsi sebuah apel sehari bisa melindungi tubuh. Apel mengandung berbagai macam flavonoid dan vitamin sebagai antioksidan. Zat ini bisa melawan berbagai penyakit yang menyerang paru-paru secara efektif.

5. Jeruk 
Nikotin membuat kandungan vitamin C dalam tubuh berkurang secara drastis. Oleh karena itu, mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk bisa mengembalikan kandungan vitamin yang hilang. 

Vitamin C dapat menghilangkan stres dan rasa cemas yang muncul akibat kecanduan nikotin. Jeruk juga mengandung serat, folat, vitamin B1, tembaga, kalium dan kalsium yang membantu melawat zat beracun. (ptj/chs)