Etika Menikmati Pantai di Rio de Janeiro

CNN Indonesia | Senin, 26/11/2018 14:14 WIB
Etika Menikmati Pantai di Rio de Janeiro Wisatawan di Brazil. (Foto: AFP PHOTO / LEO CORREA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rio de Janeiro merupakan kota terbesar kedua di Brazil. Kota yang berarti 'Sungai Januari' dalam bahasa Portugis ini, memiliki luas sekitar 1.256 kilometer persegi.

Kota ini kerap dijadikan tujuan wisata bagi turis yang ingin menikmati suasana tropis atau lebih tepatnya pesisir.

Mengutip Culture Trip, berikut adalah beberapa tips yang perlu diingat sebelum berwisata bahari di Rio de Janeiro.


1. Berdandanlah seperti warga setempat

Untuk menikmati momen wisata, percaya diri adalah salah satu kunci penting. Salah satu cara termudah adalah berdandan seperti warga setempat.

Brazil merupakan salah satu negara dengan penduduk yang tak hanya ramah pada turis, tapi juga terbuka dan tak lazim menghakimi.

Warga Brazil seakan tak peduli jika turis tampil heboh dengan kostum renang yang mencolok, atau tampil sederhana. Warga setempat akan membuka hati dengan hangat pada semua orang.

Namun, perlu diingat bahwa beberapa pantai di Brazil punya regulasi ketat agar pengunjung wanita tak bertelanjang dada di area pantai.

2. Menikmati makanan di pantai

Ketika perut mulai minta diisi, warung-warung jajan yang berderet rapi di kawasan pantai layak dijadikan pilihan untuk mengisi perut.

Hidangan favorit seperti acai bowl yang berisi jus buah-buahan segar, siap disantap sambil duduk santai di tepi pantai.

Selain itu, biskuit globo atau keripik singkong khas Brazil yang banyak dijajakan di warung jajan sekitar pantai juga pautut dicoba.

3. Melindungi kulit dari sinar mentari

Tak hanya di Brazil, ketika berwisata ke pantai, perlindungan dari sinar matahari memang harus dijadikan prioritas utama.

Melumuri permukaan kulit dengan tabir surya, adalah hal yang tidak boleh diabaikan. Jangan lupa pilih tabir surya dengan bahan yang tidak membahayakan ekosistem laut.

Kacamata hitam juga penting dibawa untuk melindungi mata. Tapi tak usah khawatir jika lupa membawanya, karena banyak pedagang yang menjual kacamata hitam dengan harga bersahabat di sekitar pantai.

4. Jaga kebersihan

Tak hanya di Rio de Janeiro, menjaga kebersihan lingkungan hukumnya wajib bagi siapa saja.

Untuk mengurangi sampah sisa pemakaian, bawalah perlengkapan seperti botol minum atau tas belanja sendiri dari rumah.

5. Manfaatkan waktu

Agar dapat menikmati wisata semaksimal mungkin, manfaatkanlah waktu berlibur dengan maksimal.

Daripada bermalas-malasan di dalam kamar hotel, ada baiknya manfaatkan segarnya pagi hari untuk berolahraga pagi di area pantai.

Bagi turis yang suka surfing, Barra da Tijuca, Prainha, dan Joatinga adalah tempat yang cocok untuk disambangi.

Jika ingin menikmati pemandangan matahari terbenam sambil bercengkrama dengan keluarga atau teman, Ipanema bisa dijadikan pilihan. (fey/agr)