Pasar Teluk Jailolo, Wisata Kuliner Baru di Halmahera Barat

Prima Fauzi, CNN Indonesia | Senin, 26/11/2018 20:21 WIB
Pasar Teluk Jailolo, Wisata Kuliner Baru di Halmahera Barat Sentuhan Budaya lokal hadir dalam destinasi digital Pasar Teluk di Jailolo, Halmahera Barat, Maluku Utara. (Foto: Dok. Kemenpar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sentuhan Budaya lokal hadir dalam destinasi digital Pasar Teluk di Jailolo, Halmahera Barat, Maluku Utara. Berbagai hiburan pun disajikan untuk memikat pengunjung yang datang.

Destinasi digital Pasar Teluk dihadirkan oleh Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Halmahera Barat yang diluncurkan pada Minggu (25/11).

"Destinasi digital Pasar Teluk merupakan sebuah bentuk kreativitas Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Halbar. Tujuannya jelas untuk mengangkat sektor pariwisata Indonesia, khususnya di Halbar," ucap Koordinator GenPI Halbar, Rahmad, Senin (26/11).

Pasar Teluk memiliki beberapa lokasi Instagrammable untuk memikat para generasi muda. Selain itu ada juga penampilan tradisional dan modern seperti tarian daerah dan live musik yang menghibur pengunjung.


"Kami ingin Pasar Teluk menjadi pusat kreativitas generasi muda Halbar. Nantinya setiap malam akan disuguhkan showcase dari anak-anak kreatif komunitas untuk unjuk gigi dan menghibur sobat wisata yang berkunjung ke Pasar Teluk," katanya.

Pasar Teluk juga menjual berbagai sajian kuliner seperti pisang santang, acar kuning, ikan bakar rica, paniki, boko-boko, hingga gohu ikan. Sedangkan untuk minumannya ada saguer yang segar.

"Keberadaan GenPI harus menjadi sebuah stimulus untuk mengangkat creative values sekaligus commercial values. Terlebih untuk masyarakat. Itu merupakan tujuan utama dibentuknya destinasi digital GenPI. Kami hanya memberikan wadah untuk pengembangan ekonomi masyarakat," pungkas Rahmad.


Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Komunikasi dan Media, Don Kardono pun menyambut positif keberadaan destinasi digital tersebut.

"Inilah hebatnya GenPI. Kreativitasnya tak ada hentinya. Memberikan warna tersendiri dari destinasi digital di Indonesia," ucapnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga mengucapkan selamat atas dibukanya Pasar Teluk sebagai sarana hiburan bagi masyarakat di Jailolo. "Selamat atas peluncuran Pasar Teluk di Jailolo. Pasar ini menjawab segala kebutuhan wisata kids zaman now," katanya.


(mid/mid)