CEKRAK CEKREK

'Menjepret' Momen Jalanan dari Pinggir Pantai

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 30/11/2018 12:59 WIB
'Menjepret' Momen Jalanan dari Pinggir Pantai Peserta Cekrak Cekrek saat menjalani sesi foto. (CNN Indonesia/Artho Viando)
Denpasar, CNN Indonesia -- Indonesia identik dengan hujan menjelang bulan yang namanya berakhir dengan kata 'ber'. Niat menggelar kelas fotografi dua bulanan, Cekrak Cekrek, di Bali sempat menjadi dilema bagi tim redaksi CNNIndonesia.com karena acara yang ke-tiga kalinya pada tahun ini dijadwalkan berlangsung pada November 2018.

Pulau Dewata dipilih karena destinasi wisata nomor satu di Indonesia ini memiliki beragam unsur yang menunjang dokumentasi berkonsep fotografi jalanan (street photography).

Bekerjasama dengan Sheraton Bali Kuta Resort dan Beachwalk Shopping Center, Cekrak Cekrek edisi Bali sukses digelar pada 3 November 2018.


Kali ini kelas diisi oleh Safir Makki, fotografer CNNIndonesia.com yang sudah malang melintang di dunia fotografi jurnalistik sekaligus street photography.

Direktur Marketing Komunikasi Sheraton Bali Kuta Resort, Alexandra Ancilla, mewakili hotelnya mengatakan sangat menyambut baik dilaksanakannya kelas fotografi dari CNNIndonesia.com.

Ia mengatakan kalau selama ini banyak sekali penggemar fotografi di Bali, namun tak banyak kegiatan serupa yang digelar.

"Jadi sewaktu ditawari untuk bekerjasama dalam menggelar kelas fotografi di hotel kami, kami menyambut baik rencana tersebut. Ditambah lokasi Sheraton Bali Kuta Resort dan Beachwalk Shopping Center yang bertepian langsung dengan Pantai Kuta sangat strategis juga fotogenik untuk konsep street photography," kata Alex kepada CNNIndonesia.com di hari penyelenggaraan.

Sebanyak 20 peserta yang semuanya berdomisili di Bali berkumpul tepat pukul 13.00 WITA di ruang pertemuan Sheraton Bali Kuta Resort.

Usai sambutan dari CNNIndonesia.com dan Sheraton Bali Kuta Resort, Safir Makki langsung memberikan materi street photography dengan tema wisata di sekitar Pantai Kuta.

Pemberian materi yang berlangsung kurang lebih satu setengah jam dilanjutkan dengan sesi foto. Dalam sesi ini peserta bebas berkeliling kawasan Pantai Kuta, Sheraton Bali Kuta Resort dan Beachwalk Shopping Center.

Beruntungnya matahari bersinar terik hari itu, sehingga peserta bisa dengan leluasa mengabadikan momen yang terlihat, mulai dari tamu hotel di kolam renang, turis yang bermain bola di pantai sampai pengunjung mal.

'Menjepret' Momen Jalanan dari Pinggir PantaiSuasana sesi foto. (CNN Indonesia/Artho Viando)

Safir Makki juga sesekali mendatangi peserta untuk membantu penerapan materi street photography yang disampaikan di kelas.

Pukul 17.00 WITA seluruh peserta sudah kembali ke ruang pertemuan untuk mempersiapkan foto yang bakal dinilai oleh Safir Makki.

Sama seperti saat sesi foto, seluruh peserta terlihat serius mengedit fotonya, karena ? peserta yang beruntung bakal mendapat kesempatan untuk memajang fotonya di Galeri Foto CNNIndonesia.com dan media sosial Sheraton Bali Kuta Resort dan Beachwalk Shopping Center.

Di sela sesi ini dibuka juga sesi tanya jawab penuh canda tawa mengenai pengalaman berfoto selama seharian.

Selesai penilaian akhirnya terpilih delapan foto yang dianggap terbaik dan mengusung konsep street photography secara hakiki.

"Secara teknis sudah banyak peserta yang menguasai. Namun street photography tidak melulu bicara mengenai teknis saja, intuisi juga perlu terus diasah untuk menemukan objek dan momen fotonya," kata Safir Makki di sela sesi evaluasi.

"Hunting street photography di Bali itu seru pastinya. Mobilitas masyarakat dan turis, lingkungan, cahaya, warna warni, elemen dan sebagainya bisa dengan mudah ditemukan di sini, khususnya di Pantai Kuta," lanjutnya.

Foto terbaik sudah dipilih dan akhirnya peserta digiring untuk berfoto bersama sambil memamerkan bingkisan menarik sekaligus sertifikat kelas fotografi Cekrak Cekrek dari CNNIndonesia.com.

'Menjepret' Momen Jalanan dari Pinggir PantaiPeserta Cekrak Cekrek edisi Bali. (CNN Indonesia/Artho Viando)

Di tengah wajah penuh sumringah dan bahagia, seluruh peserta sepakat mengatakan kalau kelas sarat edukasi dan gratis seperti ini perlu sering-sering digelar di Bali.

"Tak disangka acaranya bakal sangat menarik, karena acara seperti ini sangat jarang diselenggarakan di Bali, padahal banyak sekali penggemar fotografi di sini. Semoga CNNIndonesia.com bisa sering-sering mengadakan acara seru dan gratis seperti ini lagi," kata salah satu peserta, I Made Suardika.

Keseruan kelas fotografi Cekrak Cekrek bakal berlangsung lagi pada tahun depan. Bagi yang belum mendapat kesempatan untuk ikut pada tahun ini, silakan simak terus informasinya melalui media sosial CNNIndonesia.com.

Salam Cekrak Cekrek!


(ard)