Manfaat Melon: Anti-Kanker hingga Cegah Penuaan Dini

CNN Indonesia | Rabu, 28/11/2018 09:41 WIB
Manfaat Melon: Anti-Kanker hingga Cegah Penuaan Dini ilustrasi melon (Meditations/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Buah melon tak sekadar menawarkan rasa yang manis. Buah dari famili Cucurbitaceae ini juga kaya akan manfaat mulai dari anti-kanker hingga mencegah penuaan kulit.

Melon merupakan buah yang sebagian besar atau hampir 95 persen mengandung air. Berdasarkan data dari USDA National Nutrient, melon kaya akan vitamin seperti Vitamin A, C, E, K, folat, dan niasin.

Melon merupakan salah satu sumber vitamin A terbaik lantaran setiap 100 gr mengandung 112 persen dari rekomendasi konsumsi harian.


Melon juga kaya akan mineral seperti kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, mangan, dan seng. Buah ini juga memiliki elektrolit seperti kalium.


Berikut manfaat kesehatan dari Melon yang tak banyak diketahui.

1. Anti-kanker
Melon kaya akan karotenoid yang dapat mencegah kanker dan menurunkan risiko kanker paru-paru. Health Beckon menyatakan, konsumsi melon secara rutin setiap hari efektif mencegah dan membunuh benih kanker yang menyerang tubuh.

2. Mencegah penyakit jantung
Melon juga memiliki antikoagulan yang disebut adenosin. Zat ini bisa menghentikan pembekuan sel darah merah yang sering kali menjadi penyebab penyakit kardiovaskular seperti stroke dan penyakit jantung.

3. Mengatasi masalah pencernaan
Buah melon dapat membuat gerakan usus halus menjadi lebih mudah. Kandungan air yang tinggi dalam melon membantu melancarkan buang air besar. Sedangkan mineral di dalam melon menghilangkan keasaman yang menyebabkan sembelit, terutama di lambung.

Melon yang bersifat diuretik juga dapat menjaga kesehatan ginjal.


4. Menurunkan berat badan
Melon juga merupakan buah yang ideal untuk menurunkan berat badan. Buah ini bebas lemak dan kolesterol. Kandungan air yang tinggi dan rasa yang manis membuat orang yang memakan melon akan merasa kenyang. Buah ini cocok dimakan saat sedang menurunkan berat badan.

5. Mencegah penuaan kulit
Melon mengandung kolagen yang baik untuk struktur dan mempertahankan kekencangan kulit. Kolagen juga membantu menghaluskan dan menghidrasi kulit.

Sedangkan vitamin A, B, dan C di dalam melon bersifat mencegah penuaan kulit. Konsumsi rutin buah melon dapat memberikan kesegaran pada kulit.

6. Mencegah rambut rontok
Melon merupakan sumber yang baik untuk betakaroten yang terdapat dalam vitamin A. Vitamin ini baik untuk pertumbuhan rambut.

Selain itu, melon juga memiliki vitamin B yang kaya akan asam folat dan inositol. Kedua zat ini dapat mencegah rambut rontok. (asr/asr)