Trik agar Pohon Bunga Tabebuya Berbunga Lebat

CNN Indonesia | Rabu, 28/11/2018 11:20 WIB
Trik agar Pohon Bunga Tabebuya Berbunga Lebat pohon bunga tabebuya (Istockphoto/Siewwy84)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pohon bunga 'sakura' tabebuya yang mekar di Surabaya menjadi pembicaraan banyak orang.

Pohon dengan bunga indah yang mirip pohon sakura di Jepang ini termasuk pohon pelindung dari sinar matahari. Pohon tabebuya atau tabebuia ini memiliki bunga yang sangat lebat, bahkan nyaris seperti tak memiliki daun.

Bunga tabebuya ini memiliki berbagai macam warna antara lain kuning, pink, merah, putih, dan ungu.



Banyak orang yang menantikan mekarnya bunga tabebuya yang biasanya ditanam di sepanjang jalan. Namun Anda juga bisa menanam pohon bunga ini di rumah.

Tak sulit untuk menanam pohon ini. Pohonnya termasuk tanaman yang sangat mudah tumbuh. Perbanyakannya pun juga mudah dilakukan, salah satunya adalah lewat stek.

Pohon bunga ini hanya butuh tanah yang lembap untuk tumbuh.

Hanya saja, seperti permasalahan pohon bunga pada umumnya, terkadang cara perawatan yang tak tepat akan membuat pohon bunga tak akan berbunga lebat. Sialnya, mungkin tak bakal berbunga.

Ada beberapa truk yang bisa membantu Anda untuk memastikan pohon tabebuya ini berbunga.

1. Beri pupuk
Mengutip berbagai sumber, pohon bunga tabebuya sebenarnya akan berbunga walau tak dipupuk. Hanya saja, dengan pemberian pupuk tiga bulan sekali akan membantu pohon ini berbunga lebih cepat.

Awali dengan pupuk yang mengandung unsur nitrogen (N) tinggi yang berguna untuk membentuk tunas cabang baru. Setelah itu lakukan pemupukan dengan fosofor (P) untuk merangsang pembungaan.

2. Perhatikan struktur tanah
Pastikan tanah Anda gembur. Jika struktur kurang baik perbaiki dengan pupuk sekam padi dan kompos.

3. Jangan terlalu sering disiram
Jangan terlalu sering menyiram tanaman dengan tujuan agar cepat berbunga. Pasalnya terlalu sering menyiram justru akan menghambat perkembangan akar.


4. Pemangkasan
Perhatikan pohon Anda baik-baik, jika ada bagian yang rusak atau busuk segera pangkas. Pemangkasan ini bertujuan agar tak menghambat pertumbuhan cabang lain dan juga bunganya.

5. Cahaya matahari
Pohon bunga membutuhkan cahaya matahari. Tanaman akan sulit berbunga ketika pohon itu kekurangan asupan cahaya matahari. Pastikan untuk menempatkan pohon bunga tabebuya di tempat terkena cahaya matahari. 

(chs/chs)


ARTIKEL TERKAIT