Pemandangan Ikonik di New York Terancam Punah

CNN Indonesia | Senin, 03/12/2018 17:04 WIB
Pemandangan Ikonik di New York Terancam Punah Jembatan Manhattan yang terlihat dari kawasan DUMBO Brooklyn. (Istockphoto/FilippoBacci)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemandangan Gedung Empire State yang dibingkai oleh kaki Jembatan Manhattan merupakan salah satu pemandangan paling ikonik di Kota New York.

Namun dikabarkan tak lama lagi pemandangan ikonik yang bisa dilihat dari kawasan DUMBO Brooklyn itu akan segera menghilang.

Pembangunan pencakar langit di kawasan Manhattan dikabarkan mengancam eksistensi pemandangan Gedung Empire State dan Jembatan Manhattan.


Tak tanggung-tanggung, bakal ada empat gedung pencakar langit di sepanjang sisi timur Manhattan yang akan menghalangi pandangan Gedung Empire State dari sisi sungai di Brooklyn.

The Municipal Art Society (MAS) merupakan salah satu kelompok yang menentang punahnya pemandangan ikonik itu.

Masyarakat yang tinggal di Manhattan juga menentang proyek pembangunan dan mengatakan bahwa pencakar langit baru akan menaikkan harga sewa di kawasan Two Bridges dan menggusur penduduk lama.

"Sebelumnya Anda akan melihat Gedung Empire State Building dan sekarang akan melihat bagian dari pembangunan pencakar langit itu," kata Tara Kelly, wakil presiden MAS, seperti yang dikutip dari New York Post pada Senin (3/12).

Keempat gedung itu berupa apartemen yang berkapasitas sekitar 6.000 jiwa.

Menara pertama berupa apartemen dengan tinggi 62 lantai. Lalu menara kedua dan ketiga berupa apartemen dua lantai, tepatnya di lantai 62 sampai 69.

Sementara itu menara keempat dibangun setinggi 79 lantai.

The Historic Districts Council berpendapat bahwa pelestarian pandangan historis sama pentingnya dengan melestarikan bangunan atau lingkungan bersejarah.

"Satu tempat di New York City di mana pandangan dilindungi adalah dari Brooklyn Heights Promenade, yang sekarang mereka coba hancurkan," kata Simeon Bankoff setempat kepada Brooklyn Paper.

"Kami tidak memiliki pemandangan yang dilindungi."

Komisi perencanaan kota New York akan menggelar pemungutan suara mengenai hal ini, meskipun tanggal belum ditetapkan.


(agr/ard)