Hari Disabilitas Internasional, Netizen Berharap Kesetaraan

CNN Indonesia | Senin, 03/12/2018 16:51 WIB
Hari Disabilitas Internasional, Netizen Berharap Kesetaraan Ilustrasi (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hari ini, Senin (3/12), dunia memperingati Hari Disabilitas Internasional atau biasa juga dikenal dengan Hari Penyandang Cacat Internasional.

Sebanyak 1 miliar atau sekitar 15 persen orang di seluruh dunia hidup dengan disabilitas. Pada peringatannya kali ini, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengusung tema kesetaraan penyandang disabilitas.

Turut memperingati, netizen menggaungkan kesetaraan melalui tagar #HariDisabilitasInternasional yang menduduki topik terpopuler di platform Twitter.



Netizen berharap agar momen Hari Disabilitas Internasional tak sekadar perayaan semata. Lebih dari itu, secara umum netizen berharap adanya perbaikan upaya untuk mencapai kesetaraan hak penyandang disabilitas.

"Kami harap peringatan HDI jadi ajakan kepada pemerintah, masyarakat, dan semua pihak untuk lebih menghargai hak-hak penyandang disabilitas," tulis pemilik akun @darmoswito.



Perbaikan upaya untuk meningkatakan kesetaraan terhadap penyandang disabilitas itu, disebut netizen, dibutuhkan di berbagai aspek. Pemilik akun @Mulyanistr, misalnya, yang menyoroti pentingnya kesetaraan bagi penyandang disabilitas dalam aspek penanggulangan bencana. Tak heran, sebab belakangan Indonesia kerap 'disapa' bencana alam yang muncul tiba-tiba.

"Kesetaraan hak dan kesempatan bagi warga disabilitas akan semakin luas jika diberikan dalam aspek penanggulangan bencana," tulisnya.



Tak cuma itu, netizen juga beramai-ramai mengingatkan bahwa penyandang disabilitas tak boleh pantang mundur dan terus berkarya. Beberapa netizen bahkan mengunggah foto ahli fisika dan kosmologi tersohor, Stephen Hawking, yang berada di atas kursi roda.

Disabilitas merupakan gangguan kondisi yang merujuk pada fungsi individu seperti gangguan fisik, sensorik, kognitif, intelektual, penyakit mental, dan berbagai jenis penyakit kronis.

PBB menyebut penyandang disabilitas mengalami berbagai hal dari segala aspek yang lebih buruk dibanding orang-orang tanpa disabilitas. (asr)