Dominique Crenn, Koki Pertama AS Berbintang Tiga Michelin

CNN Indonesia | Selasa, 04/12/2018 13:33 WIB
Dominique Crenn, Koki Pertama AS Berbintang Tiga Michelin Michelin Guide (REUTERS/Gonzalo Fuentes)
Jakarta, CNN Indonesia -- Amerika Serikat (AS) memiliki koki wanita pertama yang meraih penghargaan tertinggi di bidang kuliner. Penghargaan itu berupa bintang tiga yang diberikan oleh Michelin Guide.

Dia adalah Dominique Crenn, seorang juru masuk di restoran Atelier Crenn, San Fransisco. Dominique merupakan juru masak yang pernah berkarier dan menjadi kepala koki perempuan pertama di Indonesia.

Koki kelahiran Prancis ini mendapatkan tiga bintang dari Michelin lantaran hidangannya yang inovatif dan artistik sejak Atelier Crenn dibuka pada 2011. Atelier Crenn mendapatkan suara bulat dari tim peninjau Michelin Guide.



Atelier Crenn merupakan restoran kecil yang hanya memiliki delapan meja saja. Restoran ini menawarkan pengalaman makan dengan harga US$335 atau sekitar Rp4,7 juta.

Dominique berhasil membuat Atelier Crenn naik status dari tahun sebelumnya yang berbintang dua menjadi bintang tiga.

"Secara konsisten memberikan pengalaman kuliner berkualitas tinggi," kata Direktur Internasional Michelin Guide, Gwendal Poullennec, dikutip dari Reuters.

Menurut Pouellennec, Dominique berhasil menyajikan hidangan dengan kesimbangan yang luar biasa dari rasa, seni, dan teknis.

Perempuan berusia 53 tahun ini mengawali kariernya di San Fransisco sejak tahun 1980-an. Dia pertama kali menjadi juru masak di Stars, restoran yang dikelola koki selebriti Jeremiah Tower.


Dikutip dari Current Biography Yearbook, setelah dua tahun berkarier di Stars, Dominique pindah ke Campton Place, 2223 Market, dan Yoyo Bistro.

Setelah itu, Dominique merantau ke Indonesia sebagai kepala koki di Intercontinental Hotel, Jakarta. Dia merupakan kepala koki perempuan pertama di Indonesia. Namun, dia terpaksa meninggalkan Indonesia karena kerusuhan yang terjadi pada 1998. Dominique pun kembali ke AS.

Dominique merupakan koki wanita kelima di dunia yang mendapatkan bintang tiga Michelin. Empat juru masak lainnya yang berada di Eropa di antaranya Carme Ruscalleda (Spanyol), Anne-Sophie Pic (Prancis), Nadia Santini (Italia), dan Clare Smyth (Inggris). (ptj/asr)