Cerita Unik di Balik Pelelangan Gaun Putri Diana

CNN Indonesia | Selasa, 04/12/2018 12:47 WIB
Cerita Unik di Balik Pelelangan Gaun Putri Diana Putri Diana (AFP PHOTO / MANOOCHER DEGHATI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gaun yang pernah dikenakan oleh pesohor bakal bernilai jual tinggi saat dilelang. Ini pula yang terjadi pada gaun yang pernah dikenakan mendiang Putri Diana.

Gaun bekas ini akan dilelang oleh Kerry Taylor Auctions, Bermondsey, London, pada 10 Desember mendatang. Namun, di balik rencana pelelangan, ada cerita unik tersimpan tentang 'perjalanan' gaun sang putri.

Gaun rancangan David Emanuel ini sebelumnya sempat disumbangkan ke toko barang bekas oleh penjaga rumah di Mynde Park, Herefordshire. Diketahui, rumah ini kerap dikunjungi Putri Diana. Gaun ini pernah dikenakan ibu dari Pangeran William dan Pangeran Harry pada tur kerajaan ke negara-negara teluk bersama Pangeran Charles.



Kemudian, gaun sutera ini dibeli oleh seseorang yang bekerja paruh waktu pada 1994 dengan harga 'hanya' 200 poundsterling atau sekitar Rp3,6juta.

Awalnya, sang pembeli ingin mengenakan gaun ini di sebuah acara. Namun, rencananya urung akibat film dokumenter Putri Diana yang tengah mengenakan gaun tersebut. Dia sadar betapa berharganya gaun tersebut.

"Banyak barang milik Puteri Diana yang saya jual selama bertahun-tahun datang dari lelang amal yang dia adakan pada 1990-an, tetapi ini satu yang terlewat," kata pelelang Kerry Taylor dikutip dari The Independent.

Jika biasanya pakaian yang datang dari toko bekas adalah busana harian, tapi tidak dengan kali ini. Hal itu membuat gaun bernilai penting.


Gaun diperkirakan bakal terjual dengan harga 60-100 ribu poundsterling atau sekitar Rp1,8 miliar.

Elizabeth Emanuel, istri dari sang perancang, mengonfirmasi bahwa hanya ada satu gaun ini di dunia. Diketahui, pasangan ini pula yang merancang gaun pernikahan ikonik Putri Diana pada 1981.

Ini bukan kali pertama gaun sang putri terjual di acara lelang. Pada 2016 lalu, gaun malam dari Catherine Walker yang dikenakan Putri Diana terjual dengan harga 96ribu poundsterling atau sekitar Rp1,7 miliar. (els/asr)