Langkah Sederhana Kecilkan Pori-pori Wajah

CNN Indonesia | Jumat, 07/12/2018 08:06 WIB
Langkah Sederhana Kecilkan Pori-pori Wajah Ilustrasi (Istockphoto/EdwardDerule)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hasil riasan yang baik didukung oleh penggunaan produk kosmetik dan kondisi kulit yang prima. Ukuran pori-pori yang besar pada wajah kerap jadi persoalan, sebab hasil riasan jadi tak maksimal.

Hasil maksimal hanya bakal didapat jika wanita memberikan dempulan ekstra untuk menutupi si pori-pori besar.

Daripada mengandalkan dempulan alas bedak, akan lebih baik jika Anda melakukan beberapa langkah sederhana untuk mengecilkan ukuran pori-pori pada wajah.



1. Double cleanse
Seorang ahli kecantikan yang pernah menangani selebriti seperti Lara Worthington dan Bambi Northwood-Blyth, Melanie Grant mengatakan bahwa dua kali membersihkan wajah secara berulang atau double cleanse baik dilakukan untuk memulai rutinitas kulit. Double cleanse di malam hari benar-benar mampu menjaga kulit tetap bersih.

"Ini akan mencegah pori-pori Anda tertarik akibat terisi minyak, kotoran, produk kosmetik, dan sel kulit mati," ujar Grant mengutip Daily Mail.

Grant menyarankan untuk menggunakan pembersih wajah dengan kandungan salicylic acid yang mampu meresap hingga lapisan kulit dalam.

2. Eksfoliasi
Eksfoliasi atau pengelupasan kerap jadi langkah yang dilupakan. Padahal, kata Grant, eksfoliasi akan memberikan tampilan pori-pori yang lebih kecil dengan mengeluarkan kumpulan sel kulit mati dan minyak berlebih pada pori-pori.

Gunakan produk eksfoliasi sebanyak dua atau tiga kali dalam sepekan. Pilih butiran scrub yang tidak terlalu besar.


3. Penggunaan produk perawatan dengan retinol
Retinol 'diagungkan' para dermatolog dan ahli kulit sebagai komponen yang mampu menjaga kulit dari penuaan. Grant merekomendasikan 'refining retinol serum' untuk perawatan kulit mingguan.

Retinol akan membantu merangsang produksi kolagen, mengecilkan pori-pori, dan mengembalikan bentuk pori-pori yang bulat.

4. Gunakan tabir surya
Paparan terik sinar matahari memberikan dampak negatif untuk kulit. Sinar ultraviolet dapat merusak kolagen dan elastisitas kulit.

Meski matahari jarang muncul di musim penghujan ini, Grant tetap merekomendasikan penggunaan tabir surya dengan kandungan SPF yang tinggi untuk melindungi kulit.

5. Pelembap
Anda perlu menjaga kulit tetap elastis dan terhidrasi. Grant merekomendasikan Anda untuk menggunakan pelembap berbahan dasar air dan hyaluronic acid untuk mencegah kulit dari dehidrasi dan memproduksi minyak berlebih.

Pasalnya, pori-pori besar dapat tersamarkan saat kulit terjaga kelembapannya.

6. Rutin menggunakan masker
Lengkapi perawatan kulit dengan penggunaan masker secara teratur. Pilih lah masker lumpur atau arang untuk membersihkan minyak berlebih pada wajah dan membersihkan pori-pori.

Namun, Grant mengingatkan untuk tidak menekan komedo atau jerawat karena bisa menyebabkan inflasi. (els/asr)


BACA JUGA