Wini NTT, Paduan Wisata Budaya dan Alam di Perbatasan

Kemenpar & Muhammad Idris, CNN Indonesia | Rabu, 05/12/2018 14:52 WIB
Wini NTT, Paduan Wisata Budaya dan Alam di Perbatasan Pos Lintas Batas Negara Wini di Timor Tengah Utara, NTT, disebut sebagai destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan bagi penyuka seni budaya sekaligus keindahan alam dengan nuansa tak biasa. (Kemenpar)
Wini, CNN Indonesia -- Menteri Pariwisata Arief Yahya menyarankan Pos Lintas Batas Negara Wini di Timor Tengah Utara, NTT, sebagai destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan bagi penyuka seni budaya sekaligus keindahan alam dengan nuansa tak biasa.

"Saya rekomendasikan ke sana (Wini) deh," kata Arief dalam keterangan tertulisnya, Rabu (5/12/2018).

Sebelumnya, pada 3-4 Desember 2018, ada Festival Wonderful Indonesia di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Wini. Kegiatan yang digelar di sana mencakup pengadaan pasar murah, kuliner, panggung hiburan sampai perlombaan lanak-anak SD, SMP dan SMA.


"Dijamin Anda akan senang di Wini," tutur Menteri asal Banyuwangi itu.


Asisten Administrasi Setda Timor Tengah Utara (TTU) Raymundus Thal mengungkapkan hal serupa. Menurutnya, Wini juga punya banyak spot menarik. Selain pantai, ada perbukitan yang bisa dijelajahi.

"Terimakasih kepada Menpar Arief Yahya yang sudah bersusah payah mengangkat TTU. Secara ekonomi, ajang ini memberikan pendapatan bagi masyarakat sekitar dan peluang kerja. Sekali lagi terima kasih. Kita punya Pantai Libas yang sangat indah, juga daerah yang berbukit-bukit dengan pemandangan yang indah. Sangat layak jadi tempat selfie, itu jadi daya tarik tersendiri," tambahnya.

Asisten Deputi Bidang Pemasaran I Regional III Kemenpar Ricky Fauziyani juga positif. Pria yang juga ikut mengutus tim ke Wini ini sangat yakin, beragam atraksi yang dihadirkan bisa menarik minat warga Timor Leste menyeberang ke Wini.

"Ini sudah pas. Menciptakan wisata belanja dengan menghadirkan barang-barang yang lebih lengkap atau lebih murah daripada di Timor Leste. Sekali kita di sini lebih lengkap, maka orang Timor Leste akan selalu belanja di Wini. Saya yakin di sini juga bisa jadi atraksi wisata untuk akhir pekan. Menjadikan pasar itu hidup akan menjadi daya tarik tersendiri untuk tetangga sebelah," kata Ricky.

(mid)