4 Jenis Sup Hangatkan Desember

CNN Indonesia | Kamis, 06/12/2018 19:47 WIB
4 Jenis Sup Hangatkan Desember Ilustrasi sup (Jakub Kapusnak/FoodiesFeed)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sup merupakan salah satu menu makanan yang praktis dibuat. Sup juga cocok menemani dinginnya Desember akibat hujan yang kerap turun.

Daripada sup krim, sup dengan kuah bening dirasa lebih pas jika disajikan dalam keadaan hangat.

Dilansir dari Foodbeast, ada empat jenis sup kuah bening yang bisa dicoba di rumah. Sup-sup ini bisa dijadikan menu pembuka atau sekadar comfort food dengan beragam topping yang mudah ditemukan.


1. Consommé
Consommé adalah tipe sup yang terbuat dari kaldu kaya rasa. Proses pembuatannya melibatkan putih telur untuk menghilangkan lemak dan endapan. Kuah bisa dibuat dari ikan, daging sapi, unggas, atau sayur.

Consommé daging sapi merupakan bahan utama pembuatan sup bawang bombay Perancis.


Pembuatannya memang agak rumit. Kaldu dicampur dengan potongan daging, wortel, seledri, bawang bombay, dan putih telur. Kunci untuk membuat sup ini adalah pemanasan kaldu dan intensitas mengaduk.

Artinya, Anda harus pintar mengatur suhu saat merebus kaldu agar endapan sisa tidak muncul ke permukaan.

Prosesnya bisa memakan waktu hingga 60 menit. Tanpa menambah bahan lain, sup bisa disajikan begitu saja sebagai appetizer.

2. Sup julienne
Masih diambil dari istilah dalam bahasa Perancis, sup julienne bisa juga disebut sup sayuran. Istilah 'julienne' mewakili teknik pemotongan sayur dengan bentuk tipis memanjang.

Sup ini biasa menggunakan topping lobak, wortel, bawang bombay, daun bawang, seledri, bakso, maupun daging unggas.

Sebelum dicampur dengan kaldu, akan lebih baik jika sayuran ditumis terlebih dahulu.


3. Mi kuah
Sup mi atau mi kuah merupakan sup kuah bening dengan mi sebagai isian. Menu ini umum disajikan di wilayah Asia Tenggara dan Asia Timur.

Tipe mi yang digunakan pun beragam mulai dari mi beras atau bihun, mi gandum, dan mi telur.

Bahan dasar sup biasanya berupa kedelai, ikan, daging sapi, daging unggas, atau sayur. Jenis sup yang cukup populer ialah sup wonton dari China, udon dari Jepang yang menggunakan mi tebal dan ramen yang menggunakan mi tipis dicampur miso dan rumput laut.

4. Kaldu
Kaldu adalah cairan yang dihasilkan dari proses pemasakan daging. Tak hanya daging, biasanya kaldu dibuat dari tulang.

Di sini, kaldu berbeda dengan 'stock' karena proses pemasakannya menggunakan bumbu tertentu sehingga kaya akan rasa.

Air bersama daging dan tulang dimasak bersama potongan sayur seperti wortel, seledri, dan bawang bombay. Setelah dimasak kurang lebih selama dua jam, kaldu dapat digunakan sebagai campuran aneka sup seperti sup mi, sup miso, serta sup telur. (asr/asr)