Restoran di Inggris Larang Pelanggan Gunakan Ponsel

CNN Indonesia | Jumat, 07/12/2018 09:51 WIB
Restoran di Inggris Larang Pelanggan Gunakan Ponsel Ilustrasi (Freestocks)
Jakarta, CNN Indonesia -- Telepon genggam atau ponsel sering kali membuat orang lupa diri dan mengabaikan lingkungan di sekitar seperti anak, teman, atau makanan. Alasan inilah yang membuat restoran keluarga Frankie and Benny's di Inggris melarang setiap pelanggan menggunakan ponsel selama berada di dalam restoran.

Keputusan berani dari Frankie and Benny's ini berangkat dari hasil penelitian terbaru yang mengungkapkan bahwa 72 persen anak-anak berharap orang tua mereka tak menghabiskan waktu terlalu lama dengan ponsel. Sebanyak 70 persen anak-anak juga berpikir orang tua mereka lebih menikmati bermain ponsel ketimbang bersama mereka.

Saat memasuki restoran, pengunjung diminta untuk menyimpan ponsel mereka di dalam kotak kecil yang sudah disediakan. Ponsel itu tak boleh diambil saat sedang makan.



Bos dari restoran Italia-Amerika itu ingin agar para pelanggan lebih berkomunikasi dengan orang-orang yang berada dalam satu meja makan.

"Kami menemukan bahwa memberi keluarga kesempatan untuk lepas dari perangkat mereka selama beberapa jam adalah cara yang baik untuk membuat mereka lebih dekat dan menikmati waktu bersama keluarga," kata pernyataan resmi dari restoran itu, dikutip dari The Independent.

Memberi keluarga kesempatan untuk berpisah dengan gawai mereka selama beberapa jam, lanjut mereka, adalah cara terbaik untuk membuat mereka lebih dekat satu sama lain.

Inisiatif ini juga merupakan bagian dari kampanye "No Phone Campaign ". Kampanye itu bertujuan untuk menciptakan waktu berkualitas bersama keluarga tanpa adanya gangguan dari telepon yang berdering. Kampanye ini berlangsung sejak 29 November hingga 7 Desember.


Jika kampanye ini berhasil, perwakilan dari Frankie and Benny's akan melanjutkan peraturan ini.

"Staf kami secara aktif mendorong pelanggan untuk mengambil bagian dalam kampanye ini. Jika inisiatif ini sukses, kami akan mencari cara untuk menerapkannya secara permanen," kata perwakilan dari Frankie and Benny's kepada The Independent.

Sementara itu, psikolog keluarga Susan Atkins menilai, menjauhkan ponsel saat makan dapat membantu meningkatkan ikatan antar-anggota keluarga.

"Kita hidup di dunia yang terhubung digital selama 24/7, jadi saya suka ide keluarga duduk bersama, makan, dan mengobrol bersama tanpa layar ponsel," tutur Atkins. (ptj/asr)