Manfaat Pisang: Bikin Hati Senang hingga Turunkan Berat Badan

CNN Indonesia | Jumat, 07/12/2018 14:54 WIB
Manfaat Pisang: Bikin Hati Senang hingga Turunkan Berat Badan Ilustrasi pisang (Dok. Pixabay/Andreas160578)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selain nikmat, pisang kaya akan manfaat. Buah yang dapat dikonsumsi dengan harga murah ini mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh. Pisang baik untuk pencernaan, kesehatan jantung, dan menurunkan berat badan.

Pisang kaya akan vitamin B6, C, serat, dan mineral lainnya. Buah ini juga memiliki beberapa antioksidan.

Satu buah pisang ukuran sedang biasanya mengandung 105 kalori dan hampir seluruhnya merupakan air dan karbohidrat. Pisang hanya memiliki sedikit protein dan tidak memiliki lemak.


Berikut merupakan manfaat mengonsumsi pisang yang terbukti secara ilmiah.


1. Pencernaan
Kandungan serat yang banyak di dalam pisang baik untuk kesehatan pencernaan. Dikutip dari Healtline, pisang ukuran sedang mengandung 3 gram serat. Serat ini bakal jadi bakteri yang menguntungkan di dalam usus untuk memperlancar pencernaan.

Beberapa studi juga juga menunjukkan serat di dalam pisang dapat membantu melawan kanker usus besar.

2. Menurunkan berat badan
Pisang merupakan makanan yang ramah bagi orang-orang yang sedang menurunkan berat badan. Kandungan karbohidrat dan kalori yang rendah membuat orang yang mengonsumsi pisang akan mudah merasa kenyang.

Beberapa penelitian juga menunjukkan serat dalam pisang dikaitkan dengan penurunan berat badan.

3. Menyehatkan jantung
Pisang kaya akan kalium yang dapat membantu mengontrol tekanan darah sehingga baik untuk kesehatan kardiovaskular.


Studi banyak menunjukkan orang yang mengonsumsi kalium dapat menurunkan tekanan darah dan memiliki risiko penyakit jantung 27 persen lebih rendah.

Selain itu, pisang juga mengandung magnesium yang juga baik untuk kesehatan jantung.

4. Mencegah kanker
Konsumsi pisang dengan rutin juga dapat mencegah datangnya penyakit mematikan seperti kanker. Seperti diberitakan Medical News Today, penelitian menunjukkan, memakan pisang dan jeruk pada dua tahun pertama kehidupan dapat mengurangi risiko anak terhadap leukimia.

Pisang yang kaya akan vitamin C juga dapat membantu mengurangi pembentukan radikal bebas yang merupakan bibit dari kanker.

5. Memperbaiki suasana hati
Pisang juga dapat membantu melawan depresi. Seperti dijelaskan Live Science, pisang tinggi akan kadar triptofan yang akan diubah tubuh menjadi serotonin ke otak dapat meningkatkan suasana hati. Triptofan ini juga merangsang seseorang untuk tertidur.

Vitamin B6 dalam pisang juga dapat membuat tidur lebih nyenyak, sedangkan magnesium bisa mengendurkan otot-otot yang tegang seharian. (ptj/asr)