Pasar Hutan Ranelewo Usung 2 Danau Warna Berbeda

Kemenpar, CNN Indonesia | Minggu, 09/12/2018 19:48 WIB
Pasar Hutan Ranelewo Usung 2 Danau Warna Berbeda GenPI Sulawesi Utara kembali menghadirkan destinasi digital Pasar Hutan Ranelewo di Desa Toraget, Kecamatan Langowan Utara, Kabupaten Minahasa. (Foto: Dok Kemenpar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Sulawesi Utara kembali menghadirkan destinasi digital Pasar Hutan Ranelewo di Desa Toraget, Kecamatan Langowan Utara, Kabupaten Minahasa. Mereka mengusung konsep unik, yakni dua danau yang berbeda warna.

Pasar Hutan Ranelewo resmi diluncurkan, Jumat lalu. Konsep yang diusung cukup menarik, karena selain menjadi destinasi kekinian dan kuliner di hutan yang unik, Pasar Hutan Ranelewo juga dilengkapi dua danau biru dan hijau.

Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Komunikasi dan Media Don Kardono mengatakan destinasi digital baru ini akan menjadi pilihan generasi muda Sulut.

"Pasar Hutan Ranelewo ini keren. Karena menggabungkan kreativitas anak-anak GenPI dengan alam. Apalagi ada dua danau yang membuatnya berbeda dengan destinasi digital lain," ujar Don pada Minggu (9/12)


Sedangkan Ketua Umum GenPI Nasional Masnyur Ebo, berharap destinasi ini tidak hanya berdiri, melainkan terus berlanjut dengan pengelolaan yang baik,

"Harus sustain. Perlihatkan jika GenPI Sulut sudah benar-benar siap mengelola destinasi digital. GenPI Sulut sudah punya modal bagus, tinggal mengelolanya. Mereka bisa belajar dari destinasi digital lain yang sudah eksis. Seperti Pasar Karetan dan Pasar Pancingan," paparnya.

Pujian terhadap Pasar Hutan Renelewo disampaikan juga oleh pemandu wisata ternama yakni Hery Sundah. Menurutnya, pengunjung bisa mendapatkan suasana yang berbeda dari tempat ini.

"Ada dua danau yang berdekatan yang satu warna airnya biru dan yang satunya airnya hijau. Di sekeliling danau, ada pemandangan yang Indah dan pastinya akan membuat kita bersantai. Dan pastinya mendapatkan kesegaran sebab udara di sini sangat segar," kata Herry yang juga memiliki agen perjalanan itu.


Hery mengatakan banyak hal menarik lain yang ditawarkan di lokasi wisata ini, seperti berbagai kuliner, hamparan sawah, tempat outbond serta warga Langowan yang ramah .

"Kamu yang hobi selfie dan wefie dan mengaku intagramable, harus menginjakkan kaki di lokasi ini. Banyak spot foto yang keren bagi pengunjung, beberapa kamu bisa lihat di Instagram @PasarHutanRanolewo," katanya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga mengapresiasi langkah GenPI Sulut atas kehadiran Pasar Hutan Renelewo.

"GenPI harus memperlihatkan eksistensinya sebagai komunitas pariwisata. Kasih lihat jika GenPI bukan hanya hebat di online, di sosial media. GenPI juga harus memperlihatkan kesiapannya di offline. Salah satunya lewat aktivasi destinasi digital," kata Arief. (egp/stu)