Ramen 'Murmer' di Jepang Raih Michelin Star

CNN Indonesia | Senin, 10/12/2018 12:54 WIB
Ramen 'Murmer' di Jepang Raih Michelin Star Ilustrasi ramen (Chris_KIM/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Murah tak selalu berarti murahan. Frasa itu dibuktikan oleh sebuah kedai ramen di Jepang. Belum lama ini, Kedai Tanreitori Ramen Hot Air meraih Michelin Star dalam Tottori, panduan Jepang.

Sebagaimana diketahui, selama ini titel Michelin Star dikaitkan dengan restoran mewah dan mahal. Namun, kedai ramen milik Katsumi Yoshida tampaknya memincut perhatian penikmat kuliner.

Yoshida menawarkan ramen murah meriah. Dengan harga 800 yen atau sekitar Rp102 ribu, pengunjung bisa mencecap sajian setingkat Michelin Star.




Dengan harga ini, Michelin Star menempatkan kedai Yoshida ke dalam kategori 'Bib Gourmand' alias restoran yang menyajikan kualitas terbaik dan pelayanan di bawah 5 ribu yen atau sekitar Rp641 ribu.

Dikutip dari Spoon & Tamago, kedai ramen ini dulunya adalah sebuah dealer mobil bernama 'Hot Air'. Yoshida mengelola dealer sejak 2002 silam. Ia fokus pada produk Suzuki seperti Alto, Kei, dan Swift.

Tak cuma itu, Yoshida juga mewujudkan ketertarikannya pada dunia kuliner. Yoshida tertarik pada bahan-bahan kaldu ramen seperti tulang ayam, sarden kering, dan garam.

Bak insinyur, Yoshida memperlakukan bahan-bahan ini seperti mesin dengan pendekatan presisi sehingga dia mampu mengembangkan kaldu bebas bahan adiktif atau penyedap rasa.


Pada 2012, Yoshida merenovasi ruang pertemuan di toko yang dimilikinya dan secara resmi memulai bisnis ramennya. Perlahan, keberadaan kedai tersebar dari mulut ke mulut. Hot Air memperoleh popularitas berkat ramen yang dijajakannya.

Popularitas Hot Air pun mendorong Michelin untuk berkunjung. Dikutip dari Food Beast, Michelin terkesan dengan rasa ramen yang ditawarkan. Mereka pun merekomendasikannya pada Michelin Guide.

Kini, kedai yang satu ini resmi masuk ke dalam Michelin Guide Kyoto Osaka + Tottori 2019. Jika mampir ke daerah Tottori, jangan lewatkan nikmat ramen yang tersaji di dealer mobil satu ini.

Hot Air menambah daftar kategori restoran termurah versi Michelin. Selain Hot Air, Anda juga bisa mencicip sajian Michelin Star yang murah di Tim Ho Wan di Hong Kong, Hong Kong Soya Sauce Rice and Noodle di Singapura, dan Hamo di Korea Selatan. (els/asr)


BACA JUGA