Ragam Makanan yang Buat Perut Cepat Kenyang

CNN Indonesia | Senin, 10/12/2018 15:52 WIB
Ragam Makanan yang Buat Perut Cepat Kenyang Ilustrasi (Pixabay/MarcoRoosink)
Jakarta, CNN Indonesia -- Beberapa jenis makanan tertentu dapat membuat Anda merasa kenyang lebih cepat. Makanan jenis ini juga bisa membuat anda berhenti melahap makanan secara berlebihan.

Jenis makanan yang membuat cepat kenyang ini baik dikonsumsi saat sedang mengontrol berat badan. Hal itu membuat Anda tak akan kebablasan jika makan terlalu banyak.

Berikut beberapa jenis makanan yang dapat membuat Anda cepat kenyang.



1. Serat dalam karbohidrat
Kandungan serat yang tinggi di dalam karbohidrat akan memberikan efek rasa kenyang yang lebih cepat ketimbang karbohidrat rendah serat.

Kandungan serat itu juga memperlambat proses pencernaan sehingga membuat tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama mengolah makanan. Hasilnya, selain lebih cepat kenyang, karbohidrat tinggi serat itu juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Karbohidrat kompleks yang tinggi serat ini meliputi biji-bijian utuh, gandum, pasta, oatmeal, dan beras merah.

2. Sayuran dan buah-buahan
Sayuran dan buah-buahan juga kaya akan serat dan air yang membuat tubuh kenyang lebih cepat. Dokter dan ahli gizi bahkan menyarankan untuk memakan buah terlebih dahulu sebelum menyantap makanan berat agar kenyang lebih cepat.

"Disarankan makan buah lebih dahulu sebelum makan nasi, supaya lebih cepat kenyang. Ini baik bagi yang sedang diet," kata ahli gastrologi, dr Ari Fahrial Syam, beberapa waktu lalu.

Buah dan sayuran yang membuat tubuh merasa kenyang lebih cepat di antaranya apel, pir, buah berry, brokoli, kol, dan selada.


3. Protein tanpa lemak
Dikutip dari Every Day Health, penelitian menunjukkan bahwa protein membuat tubuh merasa kenyang dan menimbulkan rasa puas yang lebih besar dibanding jenis makanan lain.

Jenis protein terbaik untuk menimbulkan rasa kenyang lebih cepat adalah protein hewani dan nabati yang tinggi kalori tapi rendah lemah. Kandungan ini bisa didapatkan dari ikan, daging putih, susu bebas lemak, putih telur, dan kacang-kacangan.

4. Lemak sehat
Lemak bukan berarti tak baik bagi tubuh. Konsumsi lemak sehat yang dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih cepat dan hindari lemak jahat yang memicu kolesterol.

Lemak sehat seperti omega3 bisa didapatkan dari ikan salmon, sarden, dan tuna. Lemak sehat juga terdapat dalam alpukat, biji-bijian, dan minyak zaitun. (ptj/asr)