FOTO: Bisnis Kecoak Penghancur Limbah di China

REUTERS/Thomas Suen, CNN Indonesia | Selasa, 11/12/2018 16:01 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Budidaya kecoak jadi bisnis yang menggiurkan di China. Kecoak dimanfaatkan sebagai penghancur limbah, obat sakit perut, hingga produk kecantikan.

Jutaan kecoak bertumpuk di papan kayu di sebuah peternakan di perusahaan farmasi Gooddoctor di Xinchang, provinsi Sichuan, China. (REUTERS/Thomas Suen)
Gooddoctor membudidayakan enam miliar kecoak untuk diolah menjadi beragam produk obat dan kecantikan. Penelitian juga menunjukkan ekstrak kecoak bisa digunakan untuk masker kecantikan, pil diet, bahkan perawatan rambut rontok. (REUTERS/Thomas Suen)
Enam bulan sebelum kecoak itu mati, mereka dihancurkan oleh uap, dicuci, dikeringkan, dan dikirim ke tangki ekstraksi besar. Kemudian, ekstrak kecoak itu dikemas dalam botol Kangfuxin Ye yang berisi ramuan cair yang dipercaya dapat menyembuhkan sariawan, tukak lambung, luka kulit, bahkan kanker perut. (REUTERS/Thomas Suen)
Di pabrik pengolahan limbah Shandong Qiaobin Agricultural Technology Co, di Jinan, Shandong Timur, satu miliar kecoak diberi makan 50 ton sampah dapur setiap harinya. (REUTERS/Thomas Suen)
Sampah makanan ini disalurkan melalui pipa ke sel-sel kecoak. Kecoak dianggap sebagai bio-teknologi untuk mengubah dan memproses sampah dapur. (REUTERS/Thomas Suen)
Sel-sel di pabrik pengolahan limbah Shandong Qiaobin Agricultural Technology Co tempat tinggal satu miliar kecoak untuk memakan sampah dapur dari masyarakat Kota Shandong. (REUTERS/Thomas Suen)
Salah satu peternak kecoak di Sichuan, Li Bingcai yang memiliki 3,4 juta kecoak. Li menjual kecoaknya ke peternakan babi dan ikan sebagai pakan dan kepada perusahaan obat. (REUTERS/Thomas Suen)
Selain menjual kecoaknya, Li dan anak-anaknya juga memakan kecoak itu karena dipercaya baik untuk kesehatan. (REUTERS/Thomas Suen)
Peternak kecoak di Sichuan, Chen Qianjing menunjukkan ramuan bubuk kecoak yang dapat mengobati berbagai penyakit. (REUTERS/Thomas Suen)


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA