Tips Sehat Berolahraga di Pusat Kebugaran

CNN Indonesia | Rabu, 26/12/2018 06:52 WIB
Tips Sehat Berolahraga di Pusat Kebugaran Ilustrasi berolahraga di pusat kebugaran. (REUTERS/Rafael Marchante)
Jakarta, CNN Indonesia -- Demi tubuh sehat dan bugar, olahraga di pusat kebugaran bisa jadi pilihan. Selain menawarkan berbagai macam olahraga yang menyehatkan badan, pusat kebugaran juga membuat Anda lebih teratur berolahraga.

Namun, berolahraga di pusat kebugaran membuat Anda harus siap berbagai fasilitas olahraga dengan orang lain. Bukan hal tak mungkin kuman dan bakteri menyebar dari loker ke loker, matras ke matras, dan masih banyak lagi.

Ahli mikrobiologi dan patologi NYU Medical School, Profesor Philip Tierno mengatakan bahwa banyak mikroba penyebab MRSA (bakteri yang resisten terhadap antibiotik) ditemukan di pusat kebugaran.



Tapi Anda tak perlu khawatir. Mengutip Elite Daily, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk menghindari penyakit saat berolahraga di pusat kebugaran.

1. Vaksin flu
Anda perlu mempertimbangkan vaksinasi flu sebelum rutin berolahraga di pusat kebugaran. Ahli kesehatan paru-paru Gustavo Ferrer mengatakan bahwa memperoleh vaksin flu adalah penting untuk melindungi diri dari bakteri yang bersarang di pusat-pusat kebugaran.

Tak perlu khawatir akan efek samping vaksin. Anda tetap dapat berolahraga seperti biasa dengan aman dan nyaman tanpa takut tertular penyakit.

2. Sering cuci tangan
Ferrer juga menyarankan Anda untuk sering mencuci tangan demi terhindar dari penyakit. Jangan ragu untuk selalu mencuci tangan di sela pergantian alat.

Center for Young Women's Health menyebut, mencuci tangan yang baik adalah memastikan sabun mengenai seluruh permukaan tangan. Setidaknya cuci tangan Anda selama 20 detik.

3. Perbanyak sayur dan buah
Olahraga saja tidak cukup. Tubuh yang sehat juga memerlukan asupan bergizi. Memperbanyak porsi buah dan sayuran memungkinkan tubuh melawan bakteri yang masuk dengan memperkuat sistem imun.

4. Tidur cukup
"Jangan lupa tidur yang cukup, artinya tujuh hingga delapan jam tiap malam," kata Ferrer.

Tidur yang cukup sangat penting untuk menguatkan sistem imun. Latih tubuh dengan tidur dan bangun di waktu yang sama.


5. Hidrasi
Cara paling sederhana untuk menjaga kesehatan adalah dengan memenuhi kebutuhan air dalam tubuh. Minum delapan gelas air per hari dapat mencegah datangnya penyakit.

Akan lebih baik jika Anda membawa botol air minum selama di pusat kebugaran dan meminumnya sedikit demi sedikit di sela-sela kegiatan berolahraga.

6. Lap matras dan peralatan sebelum dipakai
Ahli kesehatan Aaron Glatt mengatakan, alat-alat di pusat kebugaran bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Untuk itu, Anda perlu membersihkan matras atau alat apa pun yang akan digunakan.

7. Bawa handuk sendiri
Meski handuk tersedia di pusat kebugaran, akan lebih baik jika Anda membawa perlengkapan tersebut sendiri. (els/asr)